BERITA UTAMAMIMIKA

APBD Mimika Tembus Rp 5 Triliun Lebih, Plt Sekda Ingatkan Soal Lakip, LPPD dan Laporan Keuangan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

APBD Mimika Tembus Rp 5 Triliun Lebih, Plt Sekda Ingatkan Soal Lakip, LPPD dan Laporan Keuangan

Share this article
f67c2bc2 a241 470a afb8 3dcafc984cc7
Plt Sekda Mimika, Petrus Yumte, SH saat memimpin apel pagi di Kantor Pusat Pemerintahan SP 3, Senin (6/2/2023).

Timika, fajarpapua.com – Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Provinsi Papua Tengah Petrus Yumte SH memimpin apel pagi di Lapangan Kantor Bupati Mimika Jalan Poros Timika – Kuala Kencana, Senin (6/2).

Apel yang diikuti seluruh pegawai Pemda Mimika dari ASN hingga Non ASN itu dimulai pukul 08.00 Wit.

ads

Dalam amanatnya, Plt Sekda Mimika mengingatkan Mimika dengan APBD 5 triliun lebih sehingga para pegawai pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus betul-betul bekerja.

“Kabupaten ini punya APBD Rp 5 triliun lebih, kamu buat apa dengan uang besar itu? Mulai dari perencanaan sampai pertanggungjawaban, kemarin saya dapat laporan Mimika termasuk dalam kabupaten penerimaan terbesar seluruh Indonesia, kita bangga dengan angka itu, tapi kita bekerja harus berbanding lurus dengan uang itu,” katanya.

Sehingga dalam melakukan pekerjaan semua harus diatas rata-rata termasuk penyerapan yang dinilai kecil dan bahkan yang menjadi selalu kurang adalah laporan keuangan.

“Kalau 5 triliun kita kerja harus diatas semua rata-rata, termasuk penyerapan, saya harap OPD OPD kita semua harus solid. Saya harap juga mari kita jaga yang sudah ada. Hal ini terjadi karena kita susah berkomunikasi di internal kita, hal yang menjadi selalu kurang adalah laporan keuangan. Kita harus sama-sama kerja,” ungkapnya.

Dikatakan setiap akhir tahun Pimpinan OPD wajib mengajukan laporan keuangan, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP), dan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD) yang merupakan amanah undang undang.

“Setiap akhir tahun anggaran berjalan setiap pimpinan OPD wajib untuk mengajukan laporan keuangan, Lakip dan LPPD. Harap teman-teman OPD yang dikasih tugas harus menyelesaikan. Mari kita tingkatkan koordinasi kita supaya hal seperti ini tercapai. Lakip, LPPD dan Laporan keuangan harus selesai bulan Maret, tiga hal ini harus jadi perhatian,” pungkasnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *