BERITA UTAMAMIMIKA

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Mobil Perpustakaan Keliling Masih Kekurangan Koleksi Buku

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Mobil Perpustakaan Keliling Masih Kekurangan Koleksi Buku

Share this article
7190fcab de21 45a5 aa40 a4ef14e8b062
Nampak Mobil Perpustakaan Keliling yang dioperasikan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika.Foto: Febri

Timika, fajarpapua.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika terus melakukan langkah untuk menggaet minat baca anak-anak dan masyarakat Mimika.

Salahsatunya dengan memaksimalkan Mobil Perpustakaan Keliling dengan mendatangi sekolah yang ada di Timika setiap harinya.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mimika, Andi Ramlie Terru mengatakan meski tidak sepenuhnya dapat mengcover kebutuhan setiap sekolah, tapi pihaknya berusaha dengan terus mendatangi sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA.

“Setelah dapat bantuan mobil perpustakaan keliling itu, kami programkan mendatangi setiap sekolah. meskipun tidak semuanya tercover untuk itu setiap Minggu pasti bergilir,” ujarnya ditemui wartawan di Kantor Bupati Mimika, Senin (13/2).

Dikatakan saat ini yang menjadi kendala adalah perlu adanya biaya operasional tambahan karena setiap mobil tersebut datang ke setiap sekolah selalu membawa minuman hingga makanan ringan guna memancing anak anak untuk membaca buku.

“Kita masih menunggu DPA, tapi sementara masih berjalan keliling setiap sekolah,” lanjutnya.

Dikatakan, pihaknya saat ini menargetkan minimal 6.000 orang pembaca pertahunnya di perpustakaan keliling.

“Kita ditargetkan dalam satu tahun harus 6.000 pembaca, pada akhir tahun lalu tingkat kunjungan setiap bulan mencapai 500 orang, dan saya optimis dapat mengejar target,” ujarnya.

Namun demikian pihaknya terkendala dengan terbatasnya koleksi buku bacaan yang ada di perpustakaan keliling, sehingga kami berupaya menambah koleksi buku baru.

“Pusat selalu menekankan harus menarik minat baca masyarakat. Namun koleksi buku kami terbatas, padahal untuk meningkatkan minat baca itu kita harus punya koleksi buku, InsyaAllah tahun ini saya akan upayakan pengadaan buku,” tegasnya.

Saat ini pihaknya telah turun lapangan dan melakukan pendataan ke setiap sekolah tentang buku apa saja yang dibutuhkan sebagai referensi dilakukan pengadaan buku.

“Saya sudah terjun ke lapangan dan mendata sekolah dari SD, SMP, dan SMA apa saja buku yang mereka butuhkan, dan tentu juga berkoordinasi dengan pusat terkait kelengkapan buku perpustakaan itu apa saja, dan itu sudah saya lakukan, Insya Allah tahun ini bisa,” pungkasnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *