BERITA UTAMAPAPUA

Egianus Kogoya Minta Pilot Susi Air Ditukar Senjata dan Uang

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Egianus Kogoya Minta Pilot Susi Air Ditukar Senjata dan Uang

Share this article
IMG 20230223 WA0045
Kapolda Papua didampingi Kabid Humas Polda Papua dan Kapolres Mimika saat jumpa pers. Foto: Reyno

Timika, fajarpapua.com – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan Kelompol Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya minta Pilot Susi Air yang disandera ditukar dengan senjata atau uang.

Ads

“Memang Egi pernah menyampaikan tuntutan untuk bisa mengganti senjata kemudian uang. Namun kami tahu psikhis kelompok ini yang juga ada afiliasi kepada kelompok politik yang suka memanfaatkan semua isu ini untuk kepentingan isu politik yang dipakai untuk bisa dijual diluar kepada LSM atau negara-negara lain yang berafiliasi dengan mereka,” kata Kapolda Papua di Resto 66, Kamis (23/2).

Sementara upaya pembebasan Pilot Susi Air yang hingga saat ini belum berhasil menurut Kapolda mengakui bahwa medan yang harus ditempuh sangat menyulitkan aparat keamanan.

Meski demikian lanjutnya, aparat TNI-Polri terus berusaha dan meminta doa kepada seluruh masyarakat agar masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

“Tentunya ini tidak mudah sebagaimana yang apabilan penyanderaan didaerah kota. Karena medan di sana adalah pegunungan dengan ketinggian 2000 meter hingga 3000 meter, kami mohon doanya agar bisa mencapai hasil yang maksimal,” tutur Kapolda.

Kapolda menegaskan pihaknya tetap mengedepankan negosiasi, tetapi akan melakukan penegakan hukum jika pihak KKB tidak segera membebaskan sandera.

Meskipun demikian aparat TNI POLRI tidak memberikan batas waktu dalam operasi tersebut, karena mengutamakan faktor kemanusiaan.

Sehingga penegakan hukum akan dilakukan secara teliti dan tepat sasaran.

“Operasi ini kita hitung betul, supaya tidak ada yang menjadi korban terutama masyarakat dalam rangka penegakan hukum yang akan kita lakukan, karena bisa dipakai oleh kelompok KKB untuk menggulirkan isu pelanggaran HAM dan seolah-olah kami melakukan pelanggaran HAM di tanah Papua,” tegasnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *