BERITA UTAMAPAPUA

Teken PKS Dengan RS Rujukan di Papua dan Luar Papua, Wujud Komitmen Penjabat Bupati Mappi Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Teken PKS Dengan RS Rujukan di Papua dan Luar Papua, Wujud Komitmen Penjabat Bupati Mappi Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

Share this article
IMG 20230225 WA0079
Penandatangan naskah perjanjian kerja sama antara Pemkab Mappi dengan RSUD Merauke

Merauke, fajarpapua.com– Pemerintah Kabupaten Mappi berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat.

Komitmen tersebut diwujudkan Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar melalui program kerjasama dengan empat rumah sakit besar di Papua maupun di luar Papua untuk pelayanan kesehatan rujukan bagi warga Kabupaten Mappi.

ads

Adapun rumah sakit yang ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Mappi sebagai rumah sakit rujukan masing-masing RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, RS. Ortopedi Prof. DR. Suharso Surakarta, RSUD Dok II Jayapura dan RSUD Merauke.

Penandatangan perjanjian kerjasama dengan keempat rumah sakit tersebut dihadiri langsung oleh Penjabat Bupati Mappi yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi, Dr. Ronny Herry Tombokan.

“Saya bersama pak Kadis kesehatan sudah mendatangi dan melakukan PKS dengan empat Rumah Sakit, baik yang ada di Papua maupun diluar Papua, dan hari ini terakhir kami melakukan penandatanganan PKS bersama RSUD Merauke,” ungkap Penjabat Bupati Mappi, Jumat (24/2).

Dijelaskan, sesuai Mandatori Penggunaan Dana Otonomi Khusus (OTSUS) Kabupaten Mappi, maka minimal 30 persen dialokasikan untuk bidang kesehatan untuk menjalankan program Layanan Kesehatan Rujukan Masyarakat Mappi yg dikelola oleh Dinas Kesehatan dan RSUD Mappi.

Hal ini lanjutnya bertujuan agar masyarakat Kabupaten Mappi dapat menikmati layanan, akses dan mutu kesehatan yang lebih baik.

Dengan kebijakan kerjasama ini, kata Michael Gomar diharapkan dapat meningkatkan layanan kesehatan yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Mappi.

Selain layanan rujukan ujarnya, beberapa layanan juga akan dilaksanakan dalam waktu dekat diantaranya Layanan Pemeriksaan dan Operasi Katarak bagi masyarakat Mappi.

Penjabat Bupati Mappi menerangkan, Layanan Kesehatan Rujukan ini dapat dimanfaat oleh masyarakat Mappi termasuk para mahasiswa serta warga Mappi yang bekerja maupun berkuliah di Kabupaten Merauke.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan yang dibiayai oleh Pemkab Mappi ini, masyarakat maupun mahasiswa cukup menunjukkan KTP saat berobat di RSUD Merauke.

Sementara itu Direktur RSUD Merauke Dr. Ignatius Yerry Mario mengatakan, dirinya bersama management RSUD Merauke terutama di bidang pelayanan nantinya turut mengawal semua pasien rujukan dari RSUD Mappi.

Dr. Ignatius mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan merasa bangga karena Pemerintah Kabupaten Mappi sudah mempercayakan RSUD Merauke untuk menjadi salah satu Rumah Sakit Rujukan bagi masyarakat Kabupaten Mappi.

“Untuk itu sekali lagi kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Penjabat Bupati Mappi, yang sudah mempercayakan kerjasama ini dengan RSUD Merauke,” pungkasnya.(MPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *