BERITA UTAMAPAPUA

Diangkat Sebagai Duta Stunting, Ketua TP PKK Kabupaten Mappi Target Turunkan Angka Stunting Hingga 14 Persen

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Diangkat Sebagai Duta Stunting, Ketua TP PKK Kabupaten Mappi Target Turunkan Angka Stunting Hingga 14 Persen

Share this article
IMG 20230309 WA0007
Ketua TP PKK Kabupaten Mappi secara simbolis menyerahkan makanan bergizi Saat pencanangan ‘Isi Piringku Kaya Akan Protein’ kepada siswa TK dan SD.Foto: Istimewa

ads

Mappi, fajarpapua.com – Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Ny. Stefanie Gomar, dinobatkan sebagai Duta Stunting di Kabupaten Mappi.

Penobatan duta stunting ini diberikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi bersamaan dengan digelarnya Rapat Kerja Kesehatan Daerah pada Selasa (7/3) lalu.

Usai penobatan, Ny. Stefanie Gomar menyambut baik pemilihan dirinya sebagai Duta Stunting di Kabupaten Mappi tersebut.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya sebagai Duta Stunting di Kabupaten Mappi, jujur saya kaget ketika dibacakan oleh pembawa acara tadi, soalnya sebelumnya tidak ada penyampaian dari dinas seperti itu. Tetapi ini surprise buat saya dan terima kasih atas tanggung jawab yang telah diberikan kepada saya ini,” ungkapnya.

Dalam menjalankan perannya sebagai Duta Stunting, Ny. Stefanie menegaskan akan bersinergi dengan semua sektor untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Mappi.

Meski demikian dirinya menyadari target penurunan stunting hingga sebesar 14 persen di Tahun 2024 sangatlah berat.

Namun dengan kolaborasi lintas sektor diyakini akan tercapai, apalagi prevalensi stunting di Tahun 2022 sudah di angka 23 persen.

Tahun 2023 ini lanjutnya sesuai target Pemda Kabupaten Mappi adalah menurunkan stunting menjadi 21 persen.

“Kita harus turunkan ke angka 14 persen, ini berat namun kami meyakini apabila kita bekerja bersama dan terus berkolaborasi maka secara perlahan kita akan mencapai apa yang kita targetkan bersama. Ini menjadi langkah awal bagi kita,” ucapnya.

Menurut Ny. Stefanie salah satu upaya untuk meurunkan stunting adalah pemberian makan bergizi kepada ibu hamil dan bayi serta anak-anak.

Untuk itu dalam kesempatan itu Ketua TP PKK itu menggagas ‘Gerakan Makan Ikan’ sebagai sumber protein untuk perbaikan gizi dengan mengedepankan pemanfaat potensi lokal di Kabupaten Mappi.

“Kabupaten Mappi ini penghasil ikan gabus terbesar di wilayah Selatan Papua, tidak perlu kita jauh –jauh mencari ikan salmon tetapi yang ada di dekat kita saat ini adalah ikan gabus, dan nanti akan dijelaskan secara detail oleh ahli gizi, dan kita ketahui ikan gabus ini mengandung protein paling tinggi, sehingga inilah yang akan kita gerakkan ke depannya,” jelasnya.

Sebagai langkah awal penurunan angka stunting, pada penutupan Raker Kesehatan Daerah dilakukan pencanangan ‘Isi Piringku Kaya Akan Protein’ yang dibagikan secara simbolis kepada murid SD dan TK di Kabupaten Mappi.(MPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *