BERITA UTAMAPAPUA

Dua Warga Yahukimo Tewas Ditembak KKB, Bukti Ancaman Elkius Kobak?

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Dua Warga Yahukimo Tewas Ditembak KKB, Bukti Ancaman Elkius Kobak?

Share this article
IMG 20230309 WA0044
Aparat keamanan saat membawa dua warga sipil korban penembakan KKB di Yahukimo ke RSUD Dekai.Foto: Istimewa

Timika, fajarpapua.com – Polres Yahukimo saat ini tengah menangani kasus penembakan yang menewaskan dua warga di Jalan Poros Logpond Kilometer 2, Distrik Dekai pada Rabu, 8 Maret 2023.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, saat dikonfirmasi, Kamis (6/3) membenarkan terjadinya penembakan yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia tersebut.

ads

Dikatakan kedua korban berinisial EP dan VS ditembak saat berboncengan menggunakan sepeda motor dari arah Kompleks PJPR menuju Kota Dekai.

Sekira pukul 19.40 WIT, saat melintas di Jalan Poros Logpond Kilometer 2 atau tepatnya didepan SPBU, keduanya ditembak sebanyak dua kali hingga tewas.

“Tidak berselang lama, seorang warga datang melapor ke Polres Yahukimo melaporkan adanya dua orang tergeletak di Jalan Poros Logpond,” jelas Kabid Humas.

Mendapati laporan tersebut, Tim Gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz 2023 merespon dengan mendatangi TKP guna mengevakuasi kedua korban ke RSUD Dekai untuk penanganan medis.

Berdasar visum diketahui, korban EP (18) mengalami luka tembak pada bagian punggung kiri, luka tembak bagian kepala, lecet pada bagian pipi bagian kanan, tangan serta kaki, korban dinyatakan meninggal pada pukul 22.09 WIT.

Sementara VS (24) mengalami luka tembak tembus dari punggung sebelah kiri ke perut, luka tembak di leher kanan, luka sobek di dagu dan lecet kaki kiri, korban dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23.05 WIT.

Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto dalam releasenya menjelaskan, saat ini situasi masih dalam keadaan aman, para pelaku masih dalam penyelidikan dan pengejaran oleh Kepolisian dibantu dengan TNI.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada, hindari aktivitas yang tidak perlu, apalagi pada malam hari,” imbau AKBP Arief.

Bukti Ancaman Elkius Kobak?

Sebelumnya, pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua wilayah Kabupaten Yahukimo, Elkius Kobak menebar ancaman akan membunuh warga nonpapua di Kota Dekai.

Ancaman tersebut diedarkan Penanggungjawab Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Kodap XVI Yahukimo yang diduga sebagai pelaku penembakan terhadap rombongan Dandim Yahukimo beberapa waktu lalu itu melalui video berdurasi 3,15 menit pada Senin (6/3).

Elkius Kobak dalam pernyataannya dalam video, bersumpah akan menyerang seluruh orang non Papua di Dekai jika aparat TNI-Polri terus melakukan penyisiran.

“Saya akan masuk ke Kota (Dekai) dan serang orang non Papua yang ada di Yahukimo,” ancam Elkius. (ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *