BERITA UTAMAMIMIKA

YPMAK Didukung PTFI Serahkan Dana Hibah Meubelair Untuk RS Pratama Waa Banti Senilai Rp 3,8 Milyar

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

YPMAK Didukung PTFI Serahkan Dana Hibah Meubelair Untuk RS Pratama Waa Banti Senilai Rp 3,8 Milyar

Share this article
IMG 20230314 WA0039
Direktur YPMAK Vebian Magal menyerahkan dana hibah meubelair secara simbolis kepada Kepada Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra, Selasa (14/3).Foto : Reyno

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.com – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK) selaku pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia serahkan dana hibah meubeler kepada Dinas Kesehatan Mimika untuk RS Pratama Waa Banti Distrik Tembagapura senilai 3,8 Milyar

Serah terima dana hibah tersebut dirangkai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara YPMAK dan Dinas Kesehatan Mimika dilaksanakan di Kantor YPMAK Jalan Yos Sudarso, Selasa (14/3).

Hibah ini menyusul hibah sebelumnya berupa tanah seluas 2.555 m² yang disumbangkan oleh YPMAK pada akhir tahun lalu.

Diatas tanah tersebut saat ini sudah berdiri Rumah Sakit Umum Kelas D Pratama dengan luas bangunan 1.266 m² yang pembangunannya memasuki tahap akhir dan akan menggelar pelayanan perdana pada April 2023 mendatang.

Hibah ini merupakan komitmen YPMAK bersinergis dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama berkontribusi dalam upaya pembangunan di Mimika di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, adat, budaya dan juga bidang agama untuk Kabupaten Mimika kearah yang lebih baik.

Khusus bidang kesehatan, YPMAK bersinergis dengan Pemda Mimika melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sesuai dengan tujuan-tujuan strategis SDGs, Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dengan tujuan indeks keluarga sehat dan juga gerakan masyarakat hidup sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra dalam sambutannya merasa bangga karena YPMAK telah menjadi mitra pemerintah daerah lebih dari 20 tahun.

Dalam kurun waktu itu lanjutnya YPMAK bersama Pemda Mimika dan memiliki komitmen yang terus dijaga dan terus ditingkatkan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada YPMAK melalui hibah ini sehingga Rumah Sakit Tipe D di Lembah Waa Banti bisa berdiri dan bisa melayani masyarakat disana,” kata Reynold.

Untuk kerjasama di bidang kesehatan dengan instansi yang dipimpinnya, pihaknya juga berterima kasih dengan komitmen YPMAK yang terus mendukung berjalannya program-program kesehatan sehingga berkelanjutan.

“Kolaborasi ini semakin kuat, ini bukti bahwa kemitraan ini harus tetap jalan bersama. Sehingga pada Tahun 2023, Plt. Bupati Mimika menerima penghargaan universal health covereds, dimana penduduk Mimika yang biayai oleh selain oleh Pemda tetapi juga YPMAK juga memberikan komitmen berkontribusi terhadap jaminan kesehatan nasional di Mimika,” ungkapnya.

Selanjutnya VP Community Development yang juga selaku Ketua Pembina YPMAK Nathan Kum mengatakan, pihaknya sangat bersyukur karena kolaborasi antara Pemda Mimika dan YPMAK sehingga bisa memiliki Rumah Sakit yang luar biasa yang bisa melayani masyarakat di Distrik Tembagapura.

“Kami minta jangan melihat nilainya tetapi manfaatnya dan kerja sama ini bisa tetap berjalan. Sehingga kita bisa melayani masyarakat yang ada di pedalaman,” tuturnya.

Menurutnya kesehatan merupakan hal yang penting, apalagi untuk melayani masyarakat yang ada diwilayah pegunungan sangat sulit.

“Untuk melayani masyarakat di atas itu sangat sulit melihat situasi kondisi medan dan keamanan, oleh sebab itu dengan kolaborasi ini bisa melayani masyarakat disana dengan didirikannya Rumah Sakit Pratama,”ujarnya.

Kemudiam Direktur YPMAK Vebian Magal saat ditemui usai acara mengatakan, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan Rumah Sakit di Waa Banti tersebut segera dioperasikan untuk melayani masyarakat.

“Dengan dukungan ini, kami berharap rumah sakit bisa segera beroperasi, sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan mencari fasilitas kesehatan, karena selama ini harus naik pesawat ke Timika atau minta-minta bis ke Tembagapura,”ungkapnya.

Untuk kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika,l menurutnya untuk memudahkan pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami memang bertindak sebagai pendukung, sehingga kita kerja sama dengan melakukan sinkronisasi program untuk membantu pemerintah dalam memberikan layanan di bidang kesehatan, pendidikan dan lainnya,”ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *