BERITA UTAMAPAPUA

Surplus, 10 Pengusaha Ayam Petelur OAP di Biak Numfor Kirim Telur ke Tiga Kabupaten Tetangga

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
19
×

Surplus, 10 Pengusaha Ayam Petelur OAP di Biak Numfor Kirim Telur ke Tiga Kabupaten Tetangga

Share this article
IMG 20230315 WA0003
Wakil Bupati Biak Numfor saat memimpin panen telur disejumlah peternakan milik OAP.Foto: Istimewa

Biak, fajarpapua.com- Pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan khususnya untuk Orang Asli Papua (OAP) di Kabupaten Biak Numfor dibawah kepemimpinan Bupati Herry Ario Naap dan Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnembra semakin menunjukkan hasil.

Bahkan, saat ini Kabupaten Biak Numfor berhasil melakukan swasembada telur dan bahkan mengalami surplus sehingga dapat mengirim ke tiga kabupaten tetangga.

ads

Terkait ini sejak awal pekan ini dilakukan kegiatan panen telur secara bergantian di kandang milik 10 pengusaha ayam petelur OAP pada Kamis (16/3) hari ini dipimpin Wakil Bupati Calvin Mansnembra dan Plt. Sekda Zakarias L.

Adapun ke-10 pengusaha ayam petelur OAP yaitu Yan Piter Kbarek, Samparisna Kbarek, Agung Warikar, Terianus Sroyer, Philip Mansawan, Ester Randongkir, Yafet Warijo, Bartho Satya, Adolof Rumpaidus dan Fonny M. Rumbarar.

Menanggapi ini Wakil Bupati Calvin Mansnembra mengatakan panen telur oleh jajaran pejabat secara bergantian ini segaja dilakukan untuk memberikan spirit dan mendorong pengembangan usaha masyarakat OAP.

Sementara dikesempatan terpisah Bupati Herry Ario Naap menegaskan pemerintah daerah akan terus mendorong usaha-usaha berbasis ekonomi kerakyatan di masyarakat OAP.

“Bahkan khusus untuk ayam petelur akan didorong supaya lebih banyak lagi dan demikian dengan usaha-usaha lainnya,” kata Bupati Herry Ario Naap.

Dikatakan, panen ini dilakukan untuk memastikan langsung dilapangan bahwa Biak telah swasembada sejak Tahun 2021, ada puluhan pengusaha-pengusaha ayam petelur yang telah lancar memproduksi telur, termasuk peternak OAP.

“Di Tahun 2022 Biak mengirim telur keluar daerah Wamena, Mambramo dan Waropen sebanyak 140 ton. Sementara hingga Maret Tahun 2023 telah dikirim sebanyak 7.601 kilogram atau 7,1 ton telur,” ungkap Bupati. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *