BERITA UTAMAMIMIKA

Patuhi Arahan Presiden Soal Larangan Buka Bersama, Yumte : Kita Bisa Lakukan Safari Ramadhan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Patuhi Arahan Presiden Soal Larangan Buka Bersama, Yumte : Kita Bisa Lakukan Safari Ramadhan

Share this article
IMG 20230327 WA0049
Penjabat Sekda Kabupaten Mimika, Petrus Yumte

Timika, fajarpapua.com – Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan arahan terhadap seluruh pejabat dan pegawai pemerintah untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama.

Hal itu lantaran saat ini Indonesia masih dalam transisi dari pandemi Covid 19 menuju endemi.

ads

Arahan tersebut tertuang dalam surat Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor 38/Seskab/DKK/03/2023 yang diteken Sekretaris Kabinet Pramono Anung pada 21 Maret 2023.

Dalam arahan itu, Jokowi meminta kepada seluruh pejabat mulai dari kementerian, lembaga hingga pejabat daerah untuk tidak menggelar acara buka puasa bersama dan untuk Para pegawai pemerintah atau ASN juga dilarang.

Adapun beberapa alasan Jokowi melarang Buka Puasa bersama sebagai bersebut

  1. Penanganan Covid-19 saat ini dalam transisi dari pandemi menuju endemi, sehingga masih diperlukan kehati-hatian.
  2. Sehubungan dengan hal itu, maka pelaksanaan buka puasa bersama pada bulan suci Ramadan 1444 Hijriah agar ditiadakan.
  3. Menteri Dalam Negeri agar menindaklanjuti arahan tersebut di atas kepada para Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Menanggapi hal itu, Penjabat Sekda Kabupaten Mimika, Petrus Yumte menegaskan pihaknya mematuhi arahan Presiden RI dan meminta ASN tidak menggelar kegiatan buka puasa bersama di lingkup pemerintahan.

“Kita ikuti aturan, tapi misalnya kalau ada anjangsana ke panti asuhan atau apa itu mungkin bisa dilakukan wujud dengan cara lain tidak harus dengan buka bersama,” ujar Penjabat Sekda Mimika Petrus Yumte kepada wartawan, Senin (27/3).

“Kalau memang amanat presiden begitu ya kita ikut, tapi kita tetap kerja, datang ke panti-panti asuhan mungkin, apa yang mereka bisa wujudkan bagian dari iman ya saya kira itu bagian dari implementasi,” sambung Petrus menambahkan.

Namun, untuk kegiatan sosial di Bulan Ramadhan ini seperti Safari Ramadhan menurutnya tidak menjadi soal, karena hal itu merupakan hubungan silaturahmi dan persahabatan.

“Kalau untuk kerja-kerja sosial kan bisa. Kalau safari ramadhan kan dalam rangka persahabatan, kelompok rawan sosial ya saya kira itu bagian dari iman. Puasa kan membangun hubungan dengan Tuhan dengan cara berdoa dan pergi mengunjungi orang-orang susah,” pungkasnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *