BERITA UTAMAPAPUA

400 Prajurit TNI yang Bertugas di Empat Wilayah Pegunungan Papua Ditarik Pulang

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
19
×

400 Prajurit TNI yang Bertugas di Empat Wilayah Pegunungan Papua Ditarik Pulang

Share this article
IMG 20230429 WA0057
Kasrem 172/PWY saat menyematkan penghargaan kepada Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif R 142/KJ

Jayapura, fajarpapua.com- Kepala Staf Korem 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Wira Dharma kepada 10 perwakilan prajurit TNI dari Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif R 142/KJ (Ksatria Jaya) yang telah selesai melaksanakan tugas pengamanan di wilayah Papua.

Pemberian penghargaan kepada prajurit TNI itu dilaksanakan saat upacara pelepasan 400 prajurit Yonif 142/KJ, yang berlangsung di lapangan Rindam XVII/Cenderawasih Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (29/4/2023). Upacara pelepasan prajurit ini berjalan khidmat meski diguyur hujan yang dihadiri oleh para pejabat Korem 172/PWY.

ads

Kasrem Kolonel Inf Bayu Sudarmanto yang juga selaku Wadankolakops Korem 172/PWY kepada wartawan usai upacara memberikan apresiasi dan terima kasih kepada 400 prajurit Yonif 142/KJ, yang telah melaksanakan tugas di wilayah pegunungan Papua selama kurun waktu 1 tahun. Wilayahnya yaitu Kabupaten Tolikara, Yalimo, Mamberamo Tengah dan Jayawijaya.

“Semua prajurit ini selama bertugas telah berhasil membuat kebaikan bagi masyarakat Papua dan juga bangsa Indonesia. Terima kasih dan patut kita bersyukur bahwa kalian datang 400 prajurit dan kembalipun dengan jumlah yang sama tanpa ada yang kurang. Semoga ini juga bisa diikuti oleh satuan tugas lainnya yang bertugas di Papua,” tutur Kasrem.

Lanjut dia, prajurit Satgas Yonif Raider 142/KJ yang bertugas di Papua ini berasal dari Provinsi Jambi dan berada dibawah komando Kodam II/Sriwijaya Sumatera Selatan.

“Prajurit kita ini memang niatnya bertugas untuk membangun Papua lebih baik ke depan, dan kalau ada orang-orang yang tidak suka, itu biasa. Tapi intinya yang bertugas ini adalah orang-orang yang punya niat baik dari daerah asalnya menuju ke sini untuk memberikan kebaikan memberikan pembaruan yang lebih baik buat Papua,” katanya.

Sudarmanto berharap pengalaman bertugas di wilayah Papua dapat menjadi bekal dan motivasi dalam menghadapi tugas di masa masa mendatang.

Ditempat yang sama Komandan Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Esnan Haryadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat yang telah mendukung dan menerima kehadiran mereka dengan baik selama bertugas.

“Terima kasih juga kepada bapak Pangdam Cenderawasih, bapak Danrem juga Kasrem dengan pejabat lainnya yang selama ini telah membimbing kami selama masa penugasan,”ujar Letkol Inf Esnan.

Ia menuturkan, mereka datang ke Papua dengan niat yang tulus, sehingga semua kegiatan program yang sudah kami laksanakan dapat diterima masyarakat dengan baik.

Letkol Inf Esnan mengaku selama 12 bulan bertugas, tidak pernah ada pengaduan masyarakat kepada Pangdam Cenderawasih maupun Dankolakops (Danrem 172/PWY) dan instansi terkait lainnya soal prajuritnya. Usai upacara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Kasrem ke Danyon.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *