BERITA UTAMAPAPUA

Terbang dari Timika, Pesawat Caravan PK-SNO Ditembak OTK di Distrik Homeyo Intan Jaya

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
11
×

Terbang dari Timika, Pesawat Caravan PK-SNO Ditembak OTK di Distrik Homeyo Intan Jaya

Share this article
IMG 20230718 WA0057
Badan pesawat yang terkena tembakan peluru.

Timika, fajarpapua.com – Tim Reserse Kriminal Polres Nabire, bekerja sama dengan Smart Aviation melakukan olah tempat kejadian perkara kasus penembakan pesawat Caravan PK-SNO Serial No. 208B2375 yang digunakan PT Smart Cakrawala Aviation pada Selasa (18/7) pagi.

ads

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo kepada awak media menyatakan Polres Nabire menurunkan personel untuk melakukan giat olah TKP yang dipimpin Kaur Identifikasi, Anggota Sat Reskrim Polres Nabire, dan Anggota Polsubsektor Kawasan Bandara Nabire.

“Tim tersebut berhasil menemukan empat lubang pada sayap kiri pesawat Caravan PK-SNO Serial No. 208B2375, yang diduga disebabkan oleh dua proyektil peluru yang menembus pesawat,” ucapnya.

Menurut informasi dari Kapolres Nabire, AKBP I Ketut Suarnaya, saat kejadian pesawat tersebut diawaki Pilot M. Farhan F dan Co-Pilot Wahyu. Pesawat melakukan penerbangan awal dari Bandar Udara Timika menuju Bandar Udara Sugapa Kabupaten Intan Jaya.

“Setelah mengangkut tujuh personel Brimob, pesawat melanjutkan penerbangan ke Bandar Udara Wagete Kabupaten Deiyai dan Bandar Udara Nabire,” ujarnya.

Ia menyatakan penembakan diduga terjadi pada 18 Juli 2023 sekitar pukul 08.26 WIT, di sekitar Bandar Udara Pogapa, Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya.

“Hasil koordinasi kami, memang pada saat pesawat melakukan pendaratan di Bandara Pogapa, Distrik Homeyo tepatnya di Ujung Bandara tedengar lebih dari 10 suara tembakan,” terangnya.

AKBP I Ketut menambahkan, hingga saat ini penyelidikan masih berlangsung dan pihak Kepolisian belum bisa memastikan siapa pelaku dari penyerangan tersebut. Keterangan para saksi dan hasil olah TKP akan terus dikumpulkan.

“Perlu diketahui bahwa tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian ini, dan tim olah TKP tidak menemukan proyektil peluru yang diduga ditembakkan ke badan pesawat,” pungkasnya.

Kapolres Nabire, AKBP I Ketut mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu-isu yang dapat menimbulkan kepanikan.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *