BERITA UTAMAPAPUA

Sambut Nataru, Bank Indonesia Siapkan Rp 4,7 Triliun Uang Tunai untuk Masyarakat Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
32
×

Sambut Nataru, Bank Indonesia Siapkan Rp 4,7 Triliun Uang Tunai untuk Masyarakat Papua

Share this article
IMG 20231209 WA0014
Ilustrasi

Jayapura, fajarpapua.com- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua menjamin terpenuhinya kebutuhan uang tunai masyarakat Papua selama Natal dan Tahun Baru (Nataru)b2024.

Untuk kebutuhan Nataru 2024, Bank Indonesia telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 4,7 triliun yang Terdiri dari Rp 4,65 triliun untuk uang pecahan besar dan Rp 50 miliar untuk uang pecahan kecil.

ads

“Penyediaan uang tunai tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan nominal dan pecahan yang cukup, serta dengan kualitas yang layak edar,”ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Juli Budi Winantya, Jumat (8/12).

Adapun perkiraan kebutuhan uang tunai tahun ini relatif lebih rendah dibandingkan dengan kebutuhan tahun sebelumnya.

Hal ini sejalan dengan perkembangan ekonomi keuangan digital yang meningkat di Indonesia, termasuk Papua.

Lebih lanjut dikatakan Juli, dengan didukung ekosistem pembayaran digital yang semakin cepat, mudah, murah, aman, dan handal (CeMuMuAH) membuat preferensi masyarakat menggunakan transaksi nontunai seperti QRIS, uang elektronik, dan digital banking semakin tinggi sehingga turut menjaga jumlah kebutuhan uang tunai di masyarakat. 

Menurut Juli, Bank Indonesia juga senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memastikan ketersediaan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama Natal dan Tahun Baru. 

Selanjutnya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua menghimbau kepada masyarakat agar terus mengutamakan instrumen nontunai dalam melakukan transaksi, antara lain QRIS, uang elektronik, dan digital banking.

Kemudian berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat Rupiah guna mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *