BERITA UTAMAPAPUA

Pemkab Pegunungan Bintang Bersama KPU, Aparat Keamanan dan Partai Poltik Gelar Deklarasi Pemilu Damai

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
18
×

Pemkab Pegunungan Bintang Bersama KPU, Aparat Keamanan dan Partai Poltik Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Share this article
IMG 20240131 WA0146
Deklarasi Pemilu damai di Pegunungan Bintang

Jayapura, fajarpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pegunungan Bintang bersama pemerintah daerah, dan aparat keamanan serta Ketua-ketua Parpol, mendeklarasikan Pemilu Damai di wilayah tersebut yang berlangsung di salah satu Hotel di Sentani, Selasa (30/1/2024).

Ketua KPU Pegunungan Bintang Yulius Uopdana membacakan naskah deklarasi dan diikuti para ketua Parpol, Bawaslu, perwakilan tokoh masyarakat, tokoh masyarakat, TNI-Polri dan Pemkab. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan deklarasi diawali Wakil Bupati Pegunungan Bintang Kris Bakweng Uropmabin, Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Mohamad Dafi Bastomi, Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo, para ketua Parpol peserta Pemilu, tokoh masyarakat, tokoh Perempuan, Panwas dan KPU.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Empat point deklarasi damai Pemilu 2024 Kabupaten Pegunungan Bintang:
1.Menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

2.Mensukseskan Pemilu 2024 yang bermartabat, berintegritas, jujur, adil, aman, damai dan demokratis.

3.Tunduk dan patuh pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di negara kesatuan Republik Indonesia.

4.Menolak segala bentuk penyebaran hoax, ujaran kebencian, politik uang, politisasi agama dan etnis.

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Mohamad Dafi Bastomi menyampaikan, deklarasi damai yang dilaksanakan itu sebagai wujud komitmen bersama untuk memastikan keamanan dan kelancaran Pemilu 2024 di Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Dengan adanya deklarasi damai ini diharapkan menjadi semangat dalam menjaga persatuan dan kesatuan kita. Saya berpesan mari kita bersama-sama berkomitmen menjaga kondusifitas agar pelaksanaan Pemilu berlangsung dengan suasana yang aman damai dan lancar hingga akhir tahapan nanti,’’ujar Kapolres.

Hal senada disampaikan Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo, bahwa semua pihak sudah sepakat menciptakan suasana damai selama proses Pemilu 2024, sehingga komitmen itu harus dilaksanakan secara bersama-sama.

‘’Masalah keamanan di Pegunungan Bintang bukan hanya tanggungjawab TNI Polri tetapi seluruh lapisan masyarakat, stake holder. Kita semua sudah sepakat dan mendeklarasikan Pemilu damai, sehingga kesepakatan itu harus kita hormati dan laksanakan untuk kedamaian kita bersama,’’ terangnya.

Sebelum deklarasi pemilu damai, telah digelar pertemuan untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 di 34 Distrik se Kabupaten Pegunungan Bintang berjalan lancar dan aman.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *