BERITA UTAMAPAPUA

Peluru Tembus Kabin Kursi 19 A, Respon Cepat Kogabwilhan III, Pesawat Wings Air Berhasil Terbang ke Timika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
233
×

Peluru Tembus Kabin Kursi 19 A, Respon Cepat Kogabwilhan III, Pesawat Wings Air Berhasil Terbang ke Timika

Share this article
IMG 20240218 WA0010
Pesawat Wings Air berhasil mendarat di Timika

Jayapura, fajarpapua.com- Pesawat maskapai Wings Air Type ATR 72-600 PK-WJT yang mendarat di Bandara Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, menjadi sasaran penembakan oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) wilayah Yahukimo, Sabtu (17/2/2024).

Penembakan Pesawat dengan Capten Pilot Rivaldy Putrasena dan Co Pilot Rano Avianto tersebut terjadi sekira pukul 13.45 WIT. Pesawat tertembak pada bodi sebelah kiri belakang tembus cabin belakang penumpang pada seat 19A. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden tersebut.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard T.H Tampubolon memerintahkan Kaskogabwilhan III Marsda TNI Deni Hasoloan Simanjuntak beserta staf untuk mengambil langkah cepat terhadap insiden tersebut, Asintel Brigjen TNI Nasrulloh Nasution berkomunikasi dengan Capten Pilot pesawat dan melakukan upaya pengamanan lainnya.

“Kami telah berkomunikasi dengan Capten Pilot untuk memberikan rasa aman, kita pastikan keamanan pilot dan pesawat selama di Bandara Dekai Yahukimo maupun saat pesawat akan take off dari Bandara Dekai menuju bandara Timika. Pengamanan pesawat dan awaknya dengan mengerahkan Satgas Marinir, Satgas Kopasgat, Kodim 1715/ Yahukimo dan Polres Yahukimo di Bandara Nop Goliat Yahukimo Dekai,” ujar Asops Brigjen TNI Aulia mewakili Pangkogabwilhan III.

Ia menyampaikan Aparat TNI Polri melakukan pengejaran dan penyisiran ke sekitar wilayah Sungai Braza yang diduga sebagai lokasi penembakan pesawat tersebut.

Saat ini pesawat Wings Air PK-JWT telah mendarat di bandara Timika dengan aman dan disambut oleh Dansatgasud Letkol Pnb Hery dan Danlanud Yku Letkol Pnb Kamto Adi.

“Kita bersyukur tidak ada korban jiwa pada insiden tersebut, kondisi pilot dan penumpang dalam keadaan selamat, serta berharap masyarakat tenang dan situasi keamanan tetap kondusif,” ujar Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IG Nyoman Suriastawa menambahkan.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *