BERITA UTAMAMIMIKA

290 Peserta Ikuti MTQ XII Tingkat Kabupaten Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
37
×

290 Peserta Ikuti MTQ XII Tingkat Kabupaten Mimika

Share this article
IMG 20240302 WA0007
pengambilan sumpah kepada dewan hakim MTQ 2024.

ads

Timika, fajarpapua.com – Tercatat sebanyak 290 peserta mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XII tingkat Kabupaten Mimika Tahun 2024 yang dibuka oleh Penjabat Sekda Mimika, Ida Wahyuni di Gedung Serbaguna Masjid Baabussalam Timika, Jumat (1/3) malam tadi.

Ke 290 peserta akan mengikuti lomba cabang Tilawah, cabang Hifzil Quran, cabang Fahmil Quran, cabang Syarhil Quran, cabang Khattil Quran dan cabang karya tulis ilmiah alquran.

Dalam sambutannya Pj Sekda Mimika Ida Wahyuni menyampaikan MTQ merupakan salah satu program pembangunan di bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan.

Kegiatan ini lanjutnya juga sebagai wujud mengembangkan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan Kalam Ilahi, meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukatif dari Kitab Suci umat muslim.

“Saya berharap agar generasi Qurani yang ada di ruangan ini, tidak hanya sekedar sanggup membaca Al-Qur’an, tetapi juga memahami kandungan-Nya agar bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ida Wahyuni.

Dirinya berharap, MTQ tidak hanya sebagai wahana pelatihan atau lomba saja, tetapi memberikan edukasi terutama pada generasi muda

“Kitab Suci Alquran juga harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa,” ungkapnya

Ida Wahyuni berpesan agar peserta dan panitia, bukan hanya mengejar kemenangan, tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan alquran, baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal.

“Saya juga mengapresiasi kerja keras panitia serta semua pihak yang telah berkontribusi dalam mensukseskan MTQ, yang mana Mimika terpilih sebagai tuan rumah dan mari kita siap sebagai tuan rumah yang baik dengan menjaga ketertiban dan keamanan,” ujarnya

Sementara Ketua Panitia Syarief Lacoro, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali dengan tujuan mencetak generasi Qurani.

MTQ tingkat kabupaten kali ini akan berlangsung selama tiga hari dan berlangsung di dua tempat yakni Masjid Babusalam Timika dan Masjid At Taqwa.

“Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan kami berharap kegiatan ini bukan semata karna lomba tetapi memberikan pemahaman edukasi yang baik kepada para peserta terutama generasi muda kami,” Jelasnya. (moa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *