Warning ! Warga Hiripauw dan Cenderawasih Harus Hati-hati

by -
Wabup John Rettob saat memantau Kali Wania sedang berdiskusi dengan warga



Timika, fajarpapua.com

Hujan deras yang melanda Kabupaten Mimika sepanjang lima hari ini memberi dampak yang cukup parah. Terhitung lima Distrik terkena dampak langsung yakni Iwaka, Kuala Kencana, Mimika Timur, Mimika Barat dan Mimika Tengah.

Khusus warga dua kampung, Hirupauw dan Cenderawasih di Distrik Mimika Timur (Miktim), Pemda memberi warning agar waspada. Sebab volume banjir kiriman terus naik.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, S.Sos, MM pada Selasa (28/7) memantau kondisi sungai Wania di Distrik Mimika Timur. Dari pantauan tersebut, Wabup JR memastikan jika hujan masih terus berlangsung maka bukan tidak mungkin dua kampung, Hiripauw dan Cenderawasih akan terkena dampak.

“Kalau besok masih terus hujan berarti dua kampung ini akan terendam. Tadi saja air sungai sudah meluap dan hampir sama dengan jalan raya. Bahkan sudah menggenangi rumah warga. Ada warga Hiripauw yang terpaksa mengungsi ke rumah tetangga karena rumahnya sudah tergenang air,” ungkapnya.

Dia mengemukakan, volume air kali Wania naik drastis sebab banjir kiriman dari Kali Selamat Datang Timika sangat besar.

Dirinya juga melakukan survey di Kompi D, kompleks yang dihuni anggota TNI AD itu juga terendam banjir.

Wabup JR mengakui jika banjir yang melanda wilayah Mimika belakangan ini sangat mengganggu  aktivitas perekonomian. Saat ini akses Timika Pomako terhambat sebab di beberapa titik air jalan sudah digenangi air yang cukup tinggi.(boy)