SAR Timika Kerahkan Sea Rider, Ralat Nama Kapal dan Korban

by -
kapal
Tim SAR Gabungan Timika sedang melakukan p encarian. foto insert: kapal yang hilang

Timika, fajarpapua.com

Tim Gabungan SAR Timika pada Kamis (30/7) pukul 06.00 WIT akan melanjutkan pencarian sepanjang jalur yang dicurigai dilalui kapal ikan KM Kemilau Kencana Timika (bukan KM Cahaya Mimika). Sementara itu, pelapor meralat nama kapal dan penumpang yang hilang.

Kepala Kantor SAR Timika, Monce Brury kepada awak media, Rabu malam mengatakan, pihaknya akan mengerahkan 7 personil yang dilengkapi satu unit Sea Rider 85 PK dan satu unit Lcr 25 PK untuk melanjutkan pencarian.

Kapal yang ditumpangi empat orang yang dilaporkan hilang kontak dalam perjalanan Timika Agats, Sabtu (25/7) sekitar pukul 05.00 WIT bukan KM Cahaya Mimika tapi KM Kemilau Kencana Mimika.

Selain itu, empat penumpang kapal naas tersebut Alfred Bawoel (nahkoda), Jhon (kepala kamar mesin), Nus (Kelasi) dan Herman (Kelasi).  Peristiwa itu baru dilaporkan ke Kantor SAR Timika,  Kamis (29/7) pukul 15.20 WIT.

“Selamat malam. Mohon maaf sebelumnya, kami meralat terkait nama kapal dan nama ABK kapal. Data sebelumnya terjadi kesalahan dan berikut data yg sebenarnya. Terima kasih,” tulis Monce melalui humas SAR.

Adapun kronologis kejadian, pada Sabtu pagi, KM Kemilau Kencana Mimika berangkat dari Timika tujuan Agats. Diperkirakan tiba di Agats di hari yang sama pukul 17.00 WIT. Namun hingga Rabu (29/7), kapal naas tersebut belum juga sampai di Agats.

Dijelaskan, Tim SAR gabungan yang terdiri dari 3 personil Rescue Pos SAR Agats dan 1 personil TNI AL sudah berangkat menggunakan satu Unit RIB 400 PK untuk melakukan pencarian korban.

Pencarian dilakukan di posisi 05°32’08.12″S – 138°08’03.60″E. Jarak lokasi pencarian dari dermaga SAR 106.70 mile, heading : 118.61°. Kondisi kapal dan para korban belum diketahui.(ana)