TEKNOLOGI

Penyebab Smartphone Android sering Hang

cropped cnthijau.png
3
×

Penyebab Smartphone Android sering Hang

Share this article
Penyebab Smartphone Android sering Hang

Perangkat elektronik yang sering bersama kita adalah Smartphone, dan banyak pengguna Smartphone terutama pengguna Smartphone mencari penyebab Smartphone android sering hang apa saja dan akhirnya berakhir pada rusaknya software atau semakin memperparah.

Sebetulnya bila kita memahami dan lebih memberikan perhatian kepada Smartphone kita tentunya kita akan lebih cepat melakukan tindakan pencegahan dibandingkan menunggu Smartphone nge-hang atau menjadi lambat.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Sebagaimana kita ketahui bahwa perangkat Smartphone terdiri dari komponen Hardware dan Software, untuk Hardware sendiri hampir bisa dipastikan tidak mudah rusak. Sebagai contoh media penyimpanannya, media penyimpanan Smartphone berbeda dengan HDD pada Komputer sehingga tidak perlu dilakukan defrag atau dicegah dari goncangan.

Penyebab Smartphone Android sering nge hang lebih disebabkan dari sisi Software atau Aplikasi, bisa karena kepenuhan atau banyak aplikasi yang dipergunakan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai pencegahan maupun sedikit mengurangi kepadatan baik penyimpanan maupun aplikasi yang berjalan. Anda harus mengetahui penyebab Smarphone Android sering hang agar bisa mencegahnya.

Aplikasi Ganda

Pengguna Smartphone hampir semuanya terhubung dengan Facebook, ketika memasang aplikasi facebook dan menjalankannya, kita bisa menggunakan dengan hampir semua fitur yang ada kecuali Inbox atau Perpesanan.

Untuk menggunakan fitur ini anda diharuskan memasang Messenger yang di buat oleh Facebook juga. Bayangkan, untuk mengakses Facebook secara full anda harus memasang 2 aplikasi.

Alternatifnya anda bisa membuka facebook.com dari browser yang terpasang pada Smartphone anda atau menghapus keduanya kemudian memasang Facebook Lite. Aplikasi ini sudah bisa mengakses facebook secara normal meskipun ada beberapa fitur yang hilang terutama bila anda seorang admin sebuah Group dan dengan aplikasi ini juga anda sudah dapat membuka Inbox atau perpesanan.

Contoh lainnya browser, pada umumnya android menyarankan anda menggunakan Chrome. Bagi pengguna awam, disarankan cukup menggunakan chrome saja tidak perlu menggunakan 2 browser atau lebih.

Aplikasi tidak terpakai

Akhir – akhir  ini produsen smartphone menyertakan banyak aplikasi tambahan didalam standart distribusi Smartphone nya. Cek satu persatu, terkadang ada yang bisa dihapus atau di Disable. Hal itu akan menambah ruang penyimpanan sedikit lebih lega.

Perhatikan aplikasi yang tidak anda gunakan tapi pernah anda download. Misalnya anda pernah memakai aplikasi Task Killer. Task killer adalah 1 diantara aplikasi yang sudah tidak diperlukan ada di dalam Smartphone saat ini, karena Smartphone Android terbaru semakin baik dalam pengelolaan File yang Aktif.

Bagi anda yang ingin exist, kurangi aplikasi nya yang sekiranya anda pakai sesekali dan bisa pergunakan PC / Laptop dirumah atau aplikasi chat yang tidak pernah anda pakai, anda tidak perlu memiliki semua aplikasi Chat yang tersedia di Google PlayStore hanya untuk mengejar status Eksis.

Live Wallpaper

Tampak keren bila wallpaper kita bisa bergerak atau ada animasi nya. Tapi coba perhatikan, seberapa sering wallpaper itu kita lihat saat menggunakan Smartphone ? Live Wallpaper akan tertutup dengan aplikasi yang sedang kita buka.

Management Media Penyimpanan

Storage atau media penyimpanan di Smartphone pasti ada batasnya, sebaiknya anda menghapus sampah – sampah yang hanya akan memenuhi penyimpanan. Anda bisa menggunakan aplikasi SD MAID atau CC Cleaner untuk melakukannya. Tidak semua gambar di internet harus anda miliki.

Foto  adalah catatan berbentuk gambar tentang yang pernah kita lalui. Manfaatkan media penyimpanan Cloud seperti Google Photo.

Setelan Pabrik

Bila semua sudah anda lakukan, tapi masih terjadi. Tidak ada salahnya melakukan tindakan terakhir yaitu Factory Reset atau setelan Pabrik. Yang merepotkan dari solusi ini adalah anda harus menginstall kembali aplikasi aplikasi anda dan melakukan konfigurasi kembali

Setelah mengetahui Penyebab Smartphone Android sering hang, tentunya bisa dilakukan antisipasi atau mengurangi kemungkinan tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *