Rencana 4G LTE Akan Dihadirkan Di Bulan

by -
Rencana 4G LTE Akan Dihadirkan Di Bulan

Jakarta, Fajarpapua.com – Tahun 2024 adalah tahun dimana NASA merealisasikan rencana 4G LTE akan dihadirkan di Bulan, rencana ini sebenarnya adalah bagian dari kegiatan nasa yang ingin mempermudah jaringan komunikasi ke Bumi.

Menurut Badan Antariksa Nasa Amerika Serikat ( NASA ) rencana ini di duga akan memberikan akses komunikasi yang lebih baik dengan Astronot yang selama ini terkendala pada jaringan komunikasi radio biasa.

Proyek ini tidak akan dilaksanakan sendiri oleh NASA, dalam penerapannya NASA bekerja sama dengan perusahaan penyedia peralatan telekomunikasi di Amerika.

Rencana 4G LTE akan dihadirkan di Bulan ini diperkirakan akan menelan dana sebesar USD 14,1 juta yang diperuntukan hanya untuk keperluan membangun jaringan seluler 4G LTE.

Layanan ini dikhususkan pada awal pelaksanaannya adalah untuk komunikasi habitat bulan atau pos-pos yang ada di Bulan dan di Bumi dengan para Astronot.

Tidak hanya terbatas di lingkungan yang bersifat “Fixed” atau tidak bergerak, Jaringan ini juga akan dipersiapkan agar komunikasi dapat juga dimanfaatkan oleh Pesawat Antariksa yang sedang mengorbit atau berada di Coverage Area jaringan 4G LTE tersebut.

Hal ini tentunya akan menghilangkan ketakutan komunikasi yang selama ini terhalang dengan adanya blank spot atau titik buta komunikasi dimana posisi Astronot atau pesawat berada disisi gelap atau membelakangi bumi.

Pada saat Astronot berada pada titik gelap atau BlankSpot. Maka komunikasi akan terputus total, dan ini sering sekali merugikan disaat – saat yang memang membutuhkan komunikasi dua arah.

Disamping menghapus titik blank spot, proyek ini pun nantinya akan mengurangi delay atau jeda waktu yang diperlukan untuk mengirimkan pesan baik berupa data maupun berupa suara.

Dengan terealisasikan proyek ini tentunya pertukaran data antara Riset di Bumi dan Tim Riset di Bulan akan terjadi lebih baik lagi, sehingga perkembangan penelitian pun dapat bisa lebih akurat.

Pihak NASA sebagai Sponsor Utama dan Pendana Utama dalam proyek ini tentunya tetap membuka kerjasama nya dengan SpaceX dan United Launch Alliance.

Bentuk kerjasama tersebut memang tidak dibuka secara detail, hanya saja pihak NASA memastikan bahwa penerapan dari Rencana 4G LTE akan dihadirkan di Bulan ini adalah pondasi dari setiap kegiatan di Bulan.

Pihaknya memastikan bahwa teknologi terestial ini bisa dan sangat memungkinkan untuk dipergunakan secara bersama dan dapat saling mendukung peningkatan kualitas dan mutu komunikasi yang terbaik dan dengan kecepatan tinggi.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250