BERITA UTAMA

Polda Papua Produksi Film “Si Tikam Polisi Noken”

pngtree vector tick icon png image 1025736
9
×

Polda Papua Produksi Film “Si Tikam Polisi Noken”

Share this article
Karo SDM
Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Ade Djaja Subadja S.IK.

Jayapura, fajarpapua.com – Kepolisian Daerah Papua mempunyai terobosan kreatif dan inovatif melalui pembuatan produksi film layar lebar dengan judul “Si Tikam Polisi Noken” yang bertujuan untuk mengangkat budaya dan adat istiadat masyarakat Papua.

Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Ade Djaja Subagdja mengatakan Si Tikam ini merupakan nama orang yang berprofesi sebagai anggota Polri, ia anak dari keluarga yang tidak mampu dan ditinggalkan oleh orang tuanya sejak dia masih kecil dan dijadikan anak angkat oleh seorang anggota TNI.

ads

Kombes Ade Djaja Subagdja mengatakan, untuk persiapan dalam pembuatan film ini dalam rangka pra produksi yang pertama pihaknya melaksanakan casting atau audisi.

Diakui, peserta pemain film berlaku untuk semua dari masyarakat dan anggota polisi.

Di sini ada yang unik, lanjutnya, yang terpilih casting hampir semuanya anggota polisi. Ini dikarenakan peran tersebut dituntut untuk mempunyai keahlian bela diri dan akting.

Persyaratan untuk pemeran utama Si tikam ini, menurut Kombes Ade. harus mempunyai keahlian empat bela diri salah satunya yakni wing chun, ini inspirasi dari melihat film-film asal China yang selalu mempunyai produksi film yang luar biasa dan bisa masuk ke tingkat internasional.

Dalam persiapan ini, menurut Kombes Ada, pihaknya melibatkan personel gabungan sebanyak kurang lebih 1000 orang yang terdiri dari anggota Polri dan juga anggota TNI serta ada juga dari masyarakat umum.

“Saat ini casting sudah selesai, kita sudah dapat peran utama, peran pembantu maupun peran figuran. Selain melibatkan personil, film ini juga melibatkan pejabat-pejabat dari kepolisian khususnya Polda Papua,” ungkapnya.

Dari anggota Polri yang dilibatkan dari Satker Satker Polda Papua, lanjutnya, sebagai contoh dari Brimob, Dalmas dan yang dikedepankan adalah personel Polri asli Papua.

“Karena film Polisi Noken ini mengangkat budaya dan adat masyarakat asli Papua,” ungkap Karo SDM Polda Papua Kombes Ade Djaja Subagdja

Ia menyebut, film Si Tikam Polisi Noken ini merupakan asli produk dari Polda Papua, semua keunikan film ini, dari mulai dari eksekutif produser, produser, sutradara, cameramen sampai editing, termasuk juga peran-peran melibatkan personel Polri.

“Produser film ini yakni Kapolda Papua Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw dan Sutradaranya saya sendiri. Pembuatan Film ini banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat dan para pejabat utama Polda Papua,”ujarnya.

Kombes Ade mengakui, untuk skenarionya ini sudah lama dipersiapkan hampir dua bulan yang lalu dan selesai pada bulan Oktober 2020.

Untuk pembuatan naskahnya, pihaknya menggandeng orang dari luar serta lokasi syuting semua di wilayah Jayapura, yakni pasir enam Kota Jayapura dan wilayah Sentani dan di asrama TNI.

Ada beberapa kendala dalam pembuatan film yakni saat ini sedang pandemi COVID-19 maka untuk semua pemeran akan dilaksanakan test swab guna memastikan tidak adanya pemeran yang terjangkit virus corona.

Kombes Ade menyebut, saat ini pihaknya sedang melaksanakan latihan kering atau gladi, karena film ini tidak mengisahkan drama melainkan action.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *