BRI Siapkan 17.000 Kartu untuk Petani di Papua

by -
Kartu Tani
Penandatanganan kerjasama antara BRI dengan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Papua terkait kartu tani yang dilaksanakan Rabu (25/11) di Jayapura

Jayapura, fajarpapua.com – Pimpinan Wilayah Bank BRI Jayapura Darwaji mengatakan, BRI saat ini menyiapkan 17.000 kartu untuk petani di Papua dan Papua Barat. 

Kartu Tani yang diberikan kepada petani itu memiliki berbagai keunggulan di antaranya selain dapat melakukan pembelian pupuk menggunakan transaksi non cash, petani juga dapat mengetahui berapa sisa kuota pupuk-nya. 

Kartu Tani merupakan program pemerintah dalam rangka mengoptimalkan pupuk bersubsidi secara 6T yakni tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat mutu dan tepat waktu serta tepat tempat, kata Darwaji di Jayapura, Kamis malam. 

Dijelaskan, BRI sebagai Bank BUMN dalam penyaluran kartu tani dibantu petugas penyuluh lapangan (PPL) setempat, serta kios pupuk pengecer yg ditunjuk menjadi agen BRilink sekaligus kios pupuk lengkap(KPL). 

Penandatanganan kerja sama sudah dilakukan BRI Jayapura dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Papua, Rabu (25/11) di Jayapura, kara Darwaji. Ketika ditanya tentang siapa saja yang bisa mendapatkan kartu tani, Darwaji mengaku yang menentukan adalah dinas pertanian setempat. 

BRI hanya sebagai penyalur kartu tani dan untuk Papua sebagai percontohan dilakukan di Kota Jayapura tercatat 1607 petani penerima kartu tani yang tersebar di Abepura, Tanah Hitam, Waena dan Koya, kata Darwaji.(ant)  

INFO IKLAN 0812-3406-8145