BERITA UTAMApinpost

Pesawat MAF Dibakar di Bandar Udara Nabire, Kogabwilham Tuding Ulah KKB

pngtree vector tick icon png image 1025736
6
×

Pesawat MAF Dibakar di Bandar Udara Nabire, Kogabwilham Tuding Ulah KKB

Share this article
Api
Ilustrasi kebakaran

Jayapura, fajarpapua.com – Satu unit pesawat MAF dengan nomor registrasi PK MAK dibakar di Bandar Udara Nabire, Rabu (6/1). Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI, Kolonel CZI Gusti Nyoman Suriastawa, menuding aksi pembakaran dilakukan massa yang diduga anggota kelompok bersenjata (KKB).

Suriastawa ketika dihubungi melalui telepon selularnya di Jayapura, Kamis, membenarkan ada kejadian pembakaran terhadap pesawat seri PK MAK sesuai yang diberitakan otoritas MAF di Nabire.

ads

“Massa yang ditunggangi KKB melakukan tindakan brutal, kondisi ini diciptakan KKB untuk memberi rasa takut terhadap masyarakat,” katanya.

Menurut dia, hal ini sebagai tindak lanjut, di mana sebelumnya KKB pernah mengeluarkan pernyataan yang berisi ancaman. “Pernyataan mengancam ini ditujukan terhadap setiap penerbangan sipil yang ada di wilayah Papua maupun Papua Barat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, aksinya dimulai dengan dilakukan penembakan terhadap beberapa pesawat sipil termasuk penembakan terhadap pesawat helikopter PT Freeport Indonesia (PT FI) beberapa hari sebelumnya.

“Dan kini dilakukan pembakaran pesawat MAF, sehingga diimbau agar masyarakat jangan mudah terprovokasi kebringasan KKB,” katanya.

Ia menambahkan masyarakat diminta tetap tenang dan membantu pemerintah untuk membangun Papua dan Papua Barat agar bisa maju serta sejahtera.

Sebelumnya, pesawat udara nomor registrasi PK MAK milik MAF dijadwalkan terbang menuju Intan Jaya pada pukul 06.00 WIT, Kamis, setelah sempat terbang beberapa menit, karena kondisi cuaca buruk maka pesawat tersebut harus kembali ke Nabire.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *