Ratusan Ekor Ikan Arwana Dilepasliarkan ke Perairan Rawabiru Wasur, Merauke

by -
Arwana
Ikan Arwana yabg dilepasliarkan di Kali Rawabiru Wasur Merauke

Merauke, fajarpapua.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua melepasliarkan 215 ekor Arwana Irian (Scleropages Jardinii) ke habitatnya di Perairan Rawabiru, Taman Nasional Wasur Merauke, Selasa (23/3).

Pelepasliaran satwa langkah baik yang dilindungi maupun tidak dilindungi itu, dilakukan  Balai Besar KSDA Papua bersama stakeholder terkait dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan ke-38 dan Road to HKAN 2021.

Kegiatan itu berlangsung atas kerjasama dengan para pemegang izin penangkapan dan pengedaran dalam negeri Arwana Irian di Merauke, yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ikan Kaloso Papua (APIKAP).

Ratusan ikan Arwana Irian tersebut merupakan hasil penyisihan kuota tangkap tahun 2020 dengan ukurannya berkisar antara 10-15 cm, setelah dibesarkan selama kurang lebih 3 bulan dari ukuran tangkap 3-5 cm.

Pelepasliaran Arwana Irian ini merupakan bagian dari komitmen para pemegang izin tangkap untuk menjamin kelestarian populasi spesies Arwana Irian di alamnya.

Di hari yang sama, BBKSDA Papua juga melepasliarkan tiga ekor burung kakaktua koki (Cacatua calerita), satu ekor ular sanca karpet (morelia spilota harrisoni), dua ekor ular sanca hijau Papua (morelia viridis) dan satu ekor biawak lapang (varanus panoptes) dengan lokasi pelepasliaran adalah kawasan Taman Nasional Wasur.

Sejumlah satwa liar tersebut merupakan hasil penyerahan sukarela dari masyarakat dan temuan dalam upaya pengamanan peredaran satwa liar di Bandara Mopah, Merauke dalam kurun waktu akhir tahun 2020.