Anggota DPRD Mimika Curigai Proyek Tahun 2021 Belum Dilelang Diduga Ada Intervensi Kepentingan

by -
Leonardus Kocu
Leonardus Kocu

Timika, fajarpapua.com – Ketua Fraksi Mimika Bangkit yang juga Anggota Komisi C DPRD Mimika, Leonardus Kocu mencurigai lambannya lelang proyek di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemda Mimika karena adanya intervensi oknum-oknum tertentu terkait jatah proyek.

Hal itu ditegaskan Leo Kocu kepada fajarpapua.com, Senin (12/4).

Dia mengemukakan, APBD Mimika Tahun Anggaran 2021 disahkan akhir tahun 2020 lalu. Selanjutnya RKA dan DPA sudah diserahkan Februari 2021 lalu. Namun yang menjadi pertanyaan hingga kini progress lelang belum diketahui publik.

Bahkan Leo Kocu mengaku mendengar adanya selentingan miring yang menyatakan oknum tertentu sudah mengintervensi pembagian proyek di “dinas-dinas lahan basah”.

“Bahaya sekali, akhirnya proyek di Mimika dimonopoli oknum tertentu. Mereka hanya ganti nama perusahaan pakai nama orang lain, ada yang pakai nama putra daerah, padahal di belakangnya orang itu-itu saja. Dimana keadilan di sini, bagaimana pengusaha lokal bisa diberdayakan kalau praktek seperti ini masih terjadi,” tegasnya.

Menurut Leo Kocu, sesuai aturan, proyek bernilai dibawah Rp 1 miliar penunjukkan langsung untuk pengusaha Papua, diatas Rp 1 miliar hingga Rp 2,5 miliar harus dilelang untuk pengusaha Papua, diatas Rp 2,5 miliar bebas dilelang untuk umum.

“Proses pembentukan panitia lelang, PPK, lalu masukan di LPSE, setelah itu dilelangkan. Saya curigai sekarang proses itu lambat bahkan tertutup karena alasan tunggu petunjuk. Jadi kalau begitu jelas praktek jual beli proyek,” tandasnya.

Leo Kocu mengapresiasi Bagian Kesra Setda Mimika yang mengumumkan item pengerjaan dan besarnya anggaran lewat media massa.

“Harusnya dinas-dinas lain juga begitu. Proses harus terbuka. Saya harap masyarakat bisa pantau di LPSE, kita antisipasi penunjukkan proyek atas kepentingan, keluarga, atau jual beli. Lihat saja yang kerjakan proyek di Mimika orang itu-itu saja,” tegasnya.(tim)