BERITA UTAMAPAPUA

Instruksi Presiden! PON XX Harus Tetap Terselenggara Meski di Tengah Covid-19

cropped cnthijau.png
13
×

Instruksi Presiden! PON XX Harus Tetap Terselenggara Meski di Tengah Covid-19

Share this article
Bupati Merauke Saat Beri Arahan
Bupati Merauke Saat Beri Arahan


Disinggung perihal kasus Covid-19 di Kabupaten Merauke yang terus meningkat, yang mana saat ini sudah 336 pasien yang dinyatakan positif, Bupati Mbaraka mengakui, persoalan Covid-19 memang sudah dibahas dalam pertemuan dengan Sub PB PON.
“Covid ini termasuk kelemahan kita orang Merauke. Begitu saya dan Pak Wabup H Riduwan instruksikan kepada tenaga kesehatan untuk tertib anggaran, tertib manajemen sampai dengan tertib pengendalian penyebab adanya Covid di Merauke, alhamdulillah, saat itu sudah nol karena rata-rata kematian per hari juga sudah nol. Rata-rata pasien per hari tinggal satu atau dua, akhirnya jumlah pasien yang terpapar tinggal satu orang.


“Tapi karena orang Merauke mulai lepas kontrol dan sudah tidak mau taat protokol kesehatan, semua orang mau berangkat seenak perutnya. Jadilah, kita dari satu orang meningkat menjadi 336 orang hari ini. Setelah kita rapat tadi, kita identifikasi penyebabnya. Ternyata, penyebabnya adalah pelaku yang masuk dari luar daerah, karena terlalu banyak armada yang masuk kesini. Termasuk kunjungan kita baik swasta maupun TNI/Polri meningkat ke Merauke. Penyebabnya adalah pelaku perjalanan dan varian lokal yang sudah ada,” paparnya.

ads


Setelah diidentifikasi meningkatnya penyebab Covid-19, lanjutnya, baru disusun rencana tindakan, antara lain surat edaran pembatasan kegiatan masyarakat, frekuensi penerbangan dan penumpang dikurangi (satu minggu hanya dua kali dan penumpangnya 50 orang).
“Penumpang yang datang wajib menunjukkan bukti PCR, swab antigen yang legal dari rumah sakit. Karena ada kejadian di Jakarta banyak bukti swab dan PCR itu bisa ditembak atau dibeli. Jumlah penumpang pesawat kita kurangi, yang diisi hanya 50 orang, tapi untuk barang tidak agar ekonomi tetap berjalan,” pungkasnya. (hrs).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *