BERITA UTAMAPAPUA

Hari Ulang Tahun ‘Mambesak’ ke-43, Generasi Muda Diminta Mencintai Seni Budaya Papua

cropped cnthijau.png
22
×

Hari Ulang Tahun ‘Mambesak’ ke-43, Generasi Muda Diminta Mencintai Seni Budaya Papua

Share this article
Pagelaran Seni Budaya Papuan Voices Merauke
Pagelaran Seni Budaya Papuan Voices Merauke


Dalam pengembangan Grup Mambesak selanjutnya, kata Damianus, seperti terlihat hari ini bahwa itulah dinamika dari suatu perubahan. Hal tersebut menjadi bentuk kepedulian generasi muda Papua yang menghendaki agar kesenian daerah di Papua bisa mengimbangi kesenian yang berasal dari luar.


“Seni itu adalah bahasa dunia. Ketika kita menggambar manusia, sampai dimanapun dia akan bilang itu manusia. Ketika kita gambar binatang, pasti orang dari manapun bilang itu binatang. Begitupun dengan lagu-lagu, walaupun kata-katanya tidak dimengerti, tetapi seninya itu dapat dinikmati.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Damianus mengharapkan kepada generasi muda saat ini bahwa seni budaya tidak hanya dianggap sebagai suatu kegiatan yang hura-hura, tetapi seni adalah suatu kegiatan yang harus diolah dengan akal budi, sehingga nilai bisa sangat tinggi dari karya yang dikembangkan dan harganya bisa sangat mahal.


“Seni sudah ada sejak manusia pertama (Adam dan Eva) diciptakan Tuhan di Firdaus. Setiap bayi yang lahir akan memberikan tangisan dan tangisan itu adalah suatu seni, memberitahukan kepada dunia bahwa saya sudah ada dan tantangan dalam hidup itu ada. Oleh karena itu saya harapkan generasi muda sekarang bahwa mengolah seni itu dengan akal budi. Dengan akal budi, seni bisa diolah menjadi produk yang bernilai tinggi dan dapat dinikmati oleh seluruh dunia,” ungkapnya.

Anggota Papuan Voices Wilayah Merauke, Selsius Kanua mengajak seluruh masyarakat untuk mengenang Hari Mambesak, yang merupakan hari lahir budaya seni orang Papua. Selsius juga mengajak seluruh generasi muda Papua untuk mencintai warisan seni budaya daerah Papua dan mengembangkannya dalam aspek kehidupan masa kini.
“Kami dari Papuan Voice Wilayah Merauke mengucapkan selamat memperingati hari lahir Mambesak tanggal 5 Agustus. Kamis sangat berantusias dengan hari budaya ini dan punya harapan untuk mengembangkan budaya seni yang ada di Tanah Papua khususnya di Merauke. Kita sebagai orang Papua jangan lupa akan budaya. Mari kita cintai budaya kita, karena budaya itu penting dan menjadi salah satu bagian dari ekspresi dan aspirasi untuk melangsungkan kehidupan,” ajak Selsius Kanua. (hrs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *