36 Kampung Jadi Sasaran Riset Kesehatan Dasar di Kabupaten Mimika, Reynold: Hasil Riset Dilaunching Maret 2022

by -
Para peserta yang ikut pelatihan.
Para peserta yang ikut pelatihan.

Timika, fajarpapua.com- Secara keseluruhan ada 36 Kampung yang akan menjadi sasaran Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang digelar Dinas Kesehatan dan PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika.

Namun untuk tahap pertama, Riskedas difokuskan di 11 kampung masing-masing Nawaripi, Koperapoka, Tipuka, Ayuka, Amamapare, Nayaro, Omoga, Fanamo, Otakwa, dan Omawita. 

banner 300250

“Dari 36 kampung yang menjadi sasaran, untuk tahap pertama kita akan fokus di 11 kampung,” ujar Kadinkes Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, Selasa (2/11).

Untuk menentukan kampung sasaran, lanjut Reynold, Tim Riskesdas memilih secara acak sesuai dengan metodologi riset terutama terhadap rumah tangga yang menjadi sampel.

Dalam Riskesdas tahap pertama, pihaknya menerjunkan setidaknya 70 tenaga enumerator atau tenaga kesehatan yang bekerja di wilayah survey.

Dijelaskan, guna mempersiapkan tenaga enumerator yang akan diterjunkan dalam survey, selama 4 hari dilakukan pelatihan yang diikuti 50 peserta yang terdiri dari tenaga kesehatan, Kepala Puskesmas, tenaga dokter gigi, tenaga nutrisi, perawat, kesehatan lingkungan, tenaga kesehatan masyarakat, dan teknisi laboratorium.

BACA JUGA:  Bahas Perjanjian Kerja, PT Freeport dan Tiga Organisasi Pekerja Kembali Maju ke Meja Perundingan

Sementara hasil Riskesdas yang didampingi jasa konsultan dari Kementerian Kesehatan, kata Reynold, sesuai target akan mulai dilaunching pada Maret 2022 mendatang.

“Riskesdas ini bertujuan untuk melihat bagaimana kondisi kesehatan masyarakat di Mimika dalam lima tahun kedepan,” ujarnya.

Selain itu Riskesdas juga akan memotret perilaku masyarakat terhadap kesehatan pribadi dan rumah tangganya.

“Kami juga akan memotret faktor lingkungan apakah ada perbaikan atau tidak. Data ini nantinya dipakai sebagai bahan evaluasi Dinkes Mimika untuk memperbaiki layanan kesehatan baik dalam bentuk kebijakan, pengalokasian SDM, Nakes serta alat kesehatan,” katanya. (feb)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.