Ketahui Manfaat Buah Bit Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan

by -
Manfaat Buah Bit
Manfaat Buah Bit

Timika, fajarpapua.com – Apakah kamu sudah mengetahui manfaat buat bit? Buah bit adalah salah satu jenis  sayuran akar yang dikenal sebagai bit merah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Menariknya, meskipun biasa disebut buah bit, tanaman ini sebenarnya bukanlah buah, melainkan tanaman umbi-umbian yang dalam Bahasa latinnya disebut Amaranthaceae-Chenopodiaceae.

Bit masih termasuk dalam kategori keluarga sayuran lobak, singkong, ubi, dan tanaman umbi-umbian lainnya. Akan tetapi, karena warnanya yang sangat tanjam dan mencolok banyak orang yang menyebutnya buah.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah bit antara lain adalah serat, folat (vitamin B9), mangan, potasium, zat besi, dan vitamin C. buah bit juga rendah lemak dan kalori, tidak mengandung lemak jenuh, dan juga banyak mengandung antioksidan

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi baik didalamnya, manfaat buah bit bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

hipertensi atau Tekanan darah tinggi sangat berbahaya karena dapat merusak pembuluh darah. Selain itu hipertensi juga dapat memicu serangan jantung, stroke, dan kematian dini.

Penyakit ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya nitrat anorganik seperti yang tergandung didalam buah bit.

  • Dapat mencegah kanker

Buah bit juga memiliki kandungan baik yang diyakini dapat melindungi tubuh dari sel kanker. Kandungan dimaksud adalah antioksidan yang memang merupakan salah satu nutrisi yang terkandung di dalam buah bit.

  • Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan menjadi isu yang sedang berkembang saat ini. Buah bit digadang-gadang dapat membantu proses penurunan berat badan karena kemampuannya untuk berperan sebagai pendetoks lemak dalam tubuh.

Cara penyajian buah bit untuk proses teoksifikasi ini bisa disajikan dengan cara mengolahnya menjadi jus.

  • Baik untuk ibu hamil dan janin

Buah bit juga memiliki kandungan asam folat. Sebagaimana kita ketahui, kandungan folat sangat baik untuk perkembangan janin, khusunya perkembangan tulang. Dengan demikian, buah bit dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat dan prematur.

A valid URL was not provided.