BERITA UTAMAPAPUA

639 CPNS Formasi 2018 Ikuti Diklat Prajabatan, Hana Hikoyabi: Aparatur Negara Tak Boleh Mabuk Saat Bertugas

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
10
×

639 CPNS Formasi 2018 Ikuti Diklat Prajabatan, Hana Hikoyabi: Aparatur Negara Tak Boleh Mabuk Saat Bertugas

Share this article
Tampak terlihat CPNS saat mengikuti Diklat Prajabatan.
Tampak terlihat CPNS saat mengikuti Diklat Prajabatan.

Jayapura,fajarpapua.com- Sebanyak 639 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2018 terdiri dari 239 CPNS Golongan II dan 400 CPNS Golongan III mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan Dasar yang digelar Badan Kepegawaian Kabupaten Jayapura.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Pembekalan pendidikan dan pelatihan prajabatan ini akan diberikan di Badiklat Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura selama 4 bulan.

Diklat Prajabatan yang digelar bekerjasama dengan BKSDM Provinsi Papua dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi bertempat di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan Sentani, Senin (7/2).

Dalam sambutannya, Sekda Hana Hikoyabi berharap kepada pemateri memberi bekal hal-hal pokok yang harus diikuti dan dipahami oleh para CPNS.

Bekal tersebut lanjutnya sangat penting karena CPNS tersebut, pada saat melaksanakan tugasnya di kampung-kampung maupun distrik dan kantor pemerintahan akan dikontrol oleh masyarakat.

“Jadi mereka haru dibekali hal-hal pokok karena kita diawasi masyarakat sehingga jangan sampai ada citra yang buruk. CPNS harus dibekali kejujuran, moral, etika dan juga pemersatu yang kurang di daerah maupun nasional harus dipupuk agar rasa kebangsaan itu tumbuh,” kata Sekda Hana Hikoyabi.

Sekda Hana Hikoyabi juga berharap, setelah selesai mengikuti pembekalan prajabatan, CPNS hendaknya bisa bekerja dengan baik, jujur dan beretika.

“Sebagai aparatur negara, PNS tidak boleh mabuk-mabuk, tidak kacau. Dan harus rajin bekerja untuk melayani masyarakat,”ucap Sekda perempuan pertama di Kabupaten Jayapura tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Jayapura, Alex Rumbobiar menjelaskan prajabatan CPNS ini lebih banyak diikuti oleh golongan III.

Pelaksanaan kegiatan diklat ini sesuai dengan kurukulum baru yang berlangsung selama 20 hari, setelah itu akan dilanjutkan dengan materi lain di Balai Pertanian Provinsi Papua.

“Kami menargetkan 639 CPNS ini, bisa mengikuti pendidikan sampai bulan April atau bulan Mei 2022. Kita harapkan peserta bisa disiplin dan ikut semua selama prajabatan,”katanya.

Alex Rumbobiar mengaku, Diklat prajabatan CPNS Kabupaten Jayapura ini bekerjasama dengan BKSDM Provinsi Papua. Dalam pelatihan semuwa peserta wajib mengikuti protokol kesehatan tanpa terkecuali karena kasus Covid-19 masih ditemukan di Kabupaten Jayapura. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *