BERITA UTAMAPAPUA

Diangkut Wings Air, 2 Peleton Brimob Dikirim ke Yahukimo Bantu Pemulihan Situasi Pasca Rusuh

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Diangkut Wings Air, 2 Peleton Brimob Dikirim ke Yahukimo Bantu Pemulihan Situasi Pasca Rusuh

Share this article
Anggota Brimob setelah tiba di Yahukimo
Anggota Brimob setelah tiba di Yahukimo

Jayapura, fajarpapua.com – Sebanyak 50 personil Brigade Mobile (Brimob) Polda Papua tiba di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo. Pasukan ini didatangkan khusus membantu pemulihan situasi keamanan di Kabupaten Yahukimo pasca kerusuhan yang terjadi Selasa, 15 Maret 2022 lalu.

ads

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan pasukan Brimob tiba sekitar pukul 09.50 WIT menggunakan pesawat Wings Air tipe ATR. Pasukan ini akan membackup Polres Yahukimo.

“Mereka akan ditempatkan di titik-titik rawan kejahatan, selain mereka juga akan membackup Polres Yahukimo melakukan patroli di seputaran Kota Dekai,” ujar Kabid Humas, Rabu (16/3).

Selain itu, kata dia, Kapolda Papua telah memerintahkan kepada para pejabat utama Polda untuk berangkat ke Yahukimo guna mengambil langkah-langkah Kepolisian serta memastikan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dilakukan sudah benar atau belum.

“Karo Ops, Dir Intel dan Kabid Propam saat ini telah tiba di Yahukimo dan akan membantu Kapolres serta melakukan langkah-langkah kepolisian untuk memastikan SOP yang dilakukan personil di lapangan,” jelas Kombes Kamal.

Mantan Wakapolres Metro Depok ini mengungkapkan keributan tersebut terjadi saat demo damai penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang dilakukan oleh massa kurang lebih 1.000 orang. Akibatnya dua orang meninggal dunia, 2 orang luka dan 1 personil Polres Yahukimo mengalami luka terkena lemparan batu.

“Alhamdulilah, situasi sampai saat ini relatif aman dan kondusif, personil gabungan melakukan pengamanan di lokasi,” ungkapnya.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Yahukimo untuk tetap tenang, jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan situasi guna mengganggu stabilitas keamanan di kabupaten tersebut.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *