BERITA UTAMAPAPUA

Polisi Lakukan Mediasi Penyelesaian Kasus Perang Suku di Yahukimo

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Polisi Lakukan Mediasi Penyelesaian Kasus Perang Suku di Yahukimo

Share this article
IMG 20220521 WA0035
Warga korban perang suku Yahukimo

Jayapura, fajarpapua.com – Polres Yahukimo melakukan mediasi terhadap perwakilan masyarakat Kampung Huken (Marga Hesegem) dan masyarakat Kampung Pusuaga Dusun Wakwoma (Marga Heselo) yang bertikai di Yahukimo.

Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana di halaman Polsek Kurima Distrik Kurima Kabupaten Yahukimo menjelaskan mediasi antar warga ini dilakukan dalam rangka penyelesaian masalah perang suku yang terjadi pada hari Senin (16/05).

ads

AKBP Deni menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya warga dari kedua masyarakat Kampung Huken (Marga Hesegem) dan masyarakat Kampung Pusuaga Dusun Wakwoma (Marga Heselo).

“Saya bersama PJU Polres Yahukimo sebelum tiba di tempat ini telah mengunjungi korban dari perang yang terjadi beberapa hari lalu di Rumah Sakit Umum Wamena sekaligus memberikan Tali Asih,” ujar Kapolres, Sabtu (21/5/2022).

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat yang hadir pada saat iitu agar dalam penyelesaian masalah antar warga yang bertikai harus selesaikan dengan baik dan aman.

“Kita juga wajib menjaga situasi Kamtibmas kabupaten Yahukimo ini terkhusus di Distrik Kurima,” kata Deni.

Sementara itu Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram menyampaikan tujuan kami beserta Kapolres Yahukimo hadir disini untuk memastikan keamanan Distrik Kurima serta membantu memediasi penyelesaian masalah yang telah terjadi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Polri dalam hal ini Polsek Kurima, Tokoh gereja dan Pemerintah Daerah yaitu Kepala Distrik yang telah bekerja keras dalam menjaga situasi tetap aman sampai dengan penyelesaian akan dilaksanakan,”kata Wakil Bupati Esau Miran.

Dikatakan dia, pimpinan pemerintah daerah sekaligus juga anak adat ingin menyampaikan bahwa ketika pengurusan masalah telah selesai dilaksanakan, warga jangan mendengarkan isu-isu yang dapat merusak masyarakat itu sendiri sehingga kita dapat membangun Distrik Kurima ini dengan baik kedepannya.

Dirinya menambahkan, kepada seluruh masyarakat agar diketahui bahwa sodara-sodara kita yang sedang dirawat di RSU Wamena mendapat perawatan dengan baik dan langsung didampingi oleh kepala Dinas Kesehatan Yahukimo untuk membantu dalam segala yang diperlukan sampai dengan kondisi mereka membaik.

Usai mendengarkan penyampaian Kapolres dan Wakil Bupati Yahukimo dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada perwakilan kedua masyarakat Kampung Huken (Marga Hesegem) dan masyarakat Kampung Pusuaga Dusun Wakwoma (Marga Heselo) oleh yang diterima langsung oleh Seyerius Heselo.

Adapun yang menghadiri kegiatan tersebut Komandan Batalyon A Resimen II, Kor Brimob AKBP Supriadi Rahman, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Yahukimo Nehemia Elopere, pejabat Polres Yahukimo, Kapolsek Kurima Ipda Jean G.Pulanda, Kepala Distrik Kurima Amsal Hesegem, Ketua Klasis Gereja GKI Baliem selatan Pdt. Moses Wetipo, Naor Heselo Kepala Kampung Pusuaga Dusun Wakwoma (Marga Heselo) serta masyarakat Kampung Pusuaga Dusun Wakwoma (Marga Heselo).(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *