BERITA UTAMAPAPUA

Kembali Ditemukan, Roy Manampiring Jadi Korban Tewas ke-11 yang Ditembak Teroris KKB di Nduga

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Kembali Ditemukan, Roy Manampiring Jadi Korban Tewas ke-11 yang Ditembak Teroris KKB di Nduga

Share this article
Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2022 Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH
Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal

Jayapura, fajarpapua.com – Jumlah warga yang meninggal karena diduga ditembak dan dianiaya Teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nogolaid, Kabupaten Nduga, Papua, bertambah menjadi 11 orang.

Hal ini setelah personil Tim Gabungan Polres Nduga bersama Satgas Damai Cartenz dan TNI melakukan evakuasi satu jenazah warga sipil korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Sabtu (16/7).

ads

Evakuasi jenazah tersebut dipimpin Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander di wilayah tanjakan Adu Mama 2, Distrik Kenyam Nduga, Rabu (20/7) sekira pukul 02.00 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan, evakuasi jenazah korban bernama Roy Manampiring (42) adalah salah satu korban dari pembantaian yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Sabtu lalu.

“Jenazah (Roy Manampiring) merupakan salah satu korban pembunuhan oleh KKB Pimpinan Egianus Kogoya tepatnya ditanjakan Adu Mama 2 Distrik Kenyam Kabupaten Nduga,” ucap Kamal, Rabu (20/7).

Kabid Humas menjelaskan pada awalnya korban tidak mengetahui bahwa ada kejadian pembunuhan terhadap 10 warga sipil yang terjadi di Kampung Kenyam Komplek Nogolait dan Komplek Yosoma 1 pada hari Sabtu 16 Juli 2022, sehingga korban berjalan kaki dari camp nya yang berada di area pembangunan bandara baru menuju ke Distrik Kenyam Kabupaten Nduga.

“Dari nformasi masyarakat bahwa korban pada saat itu berjalan kaki dari Batas Batu menuju Kenyam dengan beberapa masyarakat OAP namun dalam perjalanan korban bersama masyarakat OAP bertemu dengan KKB, sehingga beberapa masyarakat OAP tersebut langsung melarikan diri ke hutan dan berpisah dengan korban,” jelas Kombes Pol Kamal.

Menurut informasi dari rekan kerja korban bahwa dirinya sering berjalan kaki dari Batas Batu menuju Kenyam setiap hari Sabtu. Korban yang diketahui bekerja sebagai operator sengsor.

“Hingga saat ini jenazah almarhum Roy Manampiring masih disemayamkan di Puskesmas Kenyam Nduga dan rencana siang ini akan diterbangkan ke Mimika ,” ungkap Kombes Pol Kamal.

Kabid humas menambahkan sebelum pada hari Senin tanggal 18 Juli 2022 informasi tentang penemuan jenazah di lapangan masih simpang siur, kemudian pada hari selasa, personil memanggil masyarakat yang mengetahui keberaaan jenazah untuk di konfirmasi.

Setelah mengetahui posisi jenazah, personil gabungan menuju ke lokasi untuk mengecek informasi tersebut namun sebelum tiba di TKP personil gabungan diserang dengan tembakan dari dua sisi” pungkas Kabid Humas.

Lebih lanjut, Kamal mengungkapan karena situasi dan kondisi sehingga personil kembali ke Pos.

“Pada pukul 02.00 WIT dini hari, personil gabungan kembali menuju ke TKP untuk mengevakuasi jenazah korban, selanjutnya jenazah korban dibawa ke Puskesmas kenyam untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut” tutup Kabid Humas.(hsb)

Nama-nama Korban Meninggal :

  1. Pdt. Elias Serbaye (54th)
  2. Yulius Watu (23th )
  3. Habertus Goti (41th)
  4. Daenk Maramli (41 )
  5. Taufan Amir (42 th)
  6. Johan (26 th)
  7. Alex (45th)
  8. Yuda Hurusinga
  9. Has Jon, (41)
  10. Sirajudi (27)
  11. Roy Manampiring (42)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *