BERITA UTAMAMIMIKA

Bersama Mahasiswa dan Jurnalis, Bawaslu Mimika Gelar Diskusi dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Bersama Mahasiswa dan Jurnalis, Bawaslu Mimika Gelar Diskusi dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Share this article
IMG 20221011 WA0065 1
Kegiatan sosialisasi Pemilu Partisipatif di Hotel Grand Tembaga.

Timika, fajarpapua.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dengan mengusung tema “Peran Mahasiswa dan Jurnalistik Pengawasan Partisipatif Pemilu dalam Tahapan Pemuktahiran Data Pemilih”.

Kegiatan berlangsung di ruang Multipurpose Hotel Grand Tembaga pada Selasa (11/10) yang dihadiri OKP Cipayung dan para jurnalis Mimika.

ads

Ketua Bawaslu Mimika, Yonas Yanampa saat membuka acara sosialisasi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan menjalin tali silaturahmi.

“Selain itu juga dilakukan diskusi bersama terkait peran mahasiswa dan jurnalis dalam mengawal pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024,” ujarnya.

Kata dia, sebagai pengawas Pemilu, segala sesuatu harus disiapkan sejak dini.

Sosialisasi partisipatif ini juga merupakan momen yang tepat mendiskusikan seputar pemutakhiran data.

“Momen ini untuk kita mendiskusikan, berangkat dari pengalaman sebelumnya dan kedepan kita ambil langkah strategis untuk kesiapan kita,” katanya.

Dikemukakan, dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada hal yang paling penting adalah memfasilitasi masyarakat, termasuk media massa serta mahasiswa dan kepemudaan.

“Menurut saya ini kader yang paling tepat karena mereka inilah yang akan ada di lembaga linear untuk menyampaikan informasi yang akurat, yang tepat, dan akuntabel yang dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat luar,” jelasnya.

Pihaknya juga mengajak semua mahasiswa dan para jurnalis untuk senantiasa bekerja sama dalam mengawal demokrasi demi mewujudkan Pemilu dan Pilkada yang berbobot.

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa kesempatan ini digunakan sebaik mungkin sehingga tahapan-tahapan berikutnya kita sudah tahu, sudah diprediksikan hari ini apa saja kendala dan juga potensi-potensi lain seperti apa supaya semuanya bisa berjalan mulus,” tutupnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi dari dua narasumber, yakni Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Luther Beanal yang memaparkan data pemilih dan Jimmy Rungkat dengan materi seputar kerja jurnalistik. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *