BERITA UTAMAPAPUA

19 Siswa SD Angkasa Lanud Silas Papare Ikuti AMSO 2022

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
19
×

19 Siswa SD Angkasa Lanud Silas Papare Ikuti AMSO 2022

Share this article
IMG 20221115 WA0037
Danlanud Silas Papare Marsma TNI M. Dadan Gunawan didampingi Ketua Yayasan Ardhya Garini, Ny. Eggy Dadan Gunawan saat memberikan arahan.Foto: HSB

Jayapura, fajarpapua.com- Sebanyak 19 siswa SD Angkasa Lanud Silas Papare mengikuti babak penyisihan Angkasa Mathematics and Scientific Olympiad (AMSO) 2022, Selasa (15/11).

Ads

AMSO ini adalah salah satu kegiatan dari FESA (Festival Edukasi Sekolah Angkasa).

Para siswa ini yang mengikuti seleksi AMSO ditingkat sekolah ini nanti akan mengikuti pembinaan untuk mengikuti tes ditingkat nasional.

“Hari ini merupakan seleksi tingkat sekolah untuk SD Silas Papare, dan ini seleksi pertama kali dilakukan disini karena siswa kelas IV baru ada tahun ini,”kata Ketua Yasarini (Yayasan Ardhya Garini) Cabang Lanud Silas Papare, Ny. Eggy Dadan Gunawan.

Ia menerangkan, siswa yang mengikuti seleksi AMSO adalah siswa kelas IV. Dalam seleksi tersebut ada dua mata pelajaran yang di uji yakni mata pelajaran Matematika dan IPA.

“Hasil ujian hari ini, kepala sekolah langsung memberikan rangking lima siswa nilai terbaik. Mereka akan di masukkan ke training Center yang kami adakan setiap Senin dan Jumat dalam persiapan menghadapi penyisihan tingkat wilayah,”ujarnya.

Lanjut dia, setelah siswa tersebut mengikuti penyisihan ditingkat perwakilan, mereka akan diambil lagi sebanyak 25 persen yang terbaik dari wilayah Timur untuk mengikuti seleksi ketingat pusat. “Ditingkat pusat mereka mengikuti seleksi sebanyak dua kali ikut final dan Grand final,”tambahnya.

Ny. Eggy Dadan menyebukan, SD Angkasa Lanud Silas Papare berharap bisa menemukan bibit terbaik dan bisa mengikuti Olimpiyade Sains Nasional. Sebelum siswa ini mengikuti ujian, mereka telah lebih dahulu mengikuti pembekalan atau pelatihan diluar jam sekolah.

Sementara Itu Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI M. Dadan Gunawan selaku pembina Yayasan Lanud Silas Papare sangat menyambut baik kegiatan Amos bagi putra putri Papua yang ada di sekolah tersebut.

“Pada Ujian pertama ini saya melihat anak-anak sangat antusias. Saya berharap dari siswa SD Lanud Silas Papare yang ikut ujian AMSO bisa ikut sampai ke tingkat pusat bersaing ditingkat nasional,”kata Danlanud.

Danlanud berharap siswa dari wilayah timur ada keterwakilan ke nasional dan ini akan membuktikan bahwa anak-anak dari sini bisa seperti anak-anak dari wilayah barat.

Ia menambahkan, siswa SD Angkasa Lanud Silas Papare yang berhasil meraih nilai tertinggi nanti akan mengikuti training khusus di kantor kami karena keterbatasan sarana yang ada di sekolah tersebut karena akan menggunakan laptop

“Kedepan siswa ini akan mengerjakan soal-soal ujian dengan laptop ya, tidak manual lagi sehingga mereka harus dilatih untuk mengenal komputer,”tutur Danlanud.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *