BERITA UTAMAPAPUA

PLN Sediakan Listrik Andal Tanpa Kedip, Gelaran HUT Pekabaran Injil Tanah Papua di Pulau Mansinam Berlangsung Sukses

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

PLN Sediakan Listrik Andal Tanpa Kedip, Gelaran HUT Pekabaran Injil Tanah Papua di Pulau Mansinam Berlangsung Sukses

Share this article
IMG 20230206 WA0046
PT PLN (Persero) sukses hadirkan listrik tanpa kedip pada kegiatan Hari Pekabaran Injil Tanah Papua Ke 168 di Pulau Mansinam

Manokwari, fajarpapua.com – PT PLN (Persero) sukses hadirkan listrik tanpa kedip pada kegiatan Hari Pekabaran Injil Tanah Papua Ke 168 di Pulau Mansinam. Rangkaian acara dilaksanakan selama tiga hari (3-5 Februari 2023) berlangsung aman dan khidmat yang dibuka dengan ibadah raya Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR).

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua Barat, John Tulus menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan PT PLN (Persero) dalam menyukseskan acara yang diadakan secara rutin setiap tahunnya. Berkat sinergi yang baik, perayaan HUT Pekabaran Injil Tanah Papua ke 168 ini dapat dirasakan dan dinikmati oleh seluruh masyarakat khususnya umat kristiani.

Ads

“Melihat personil PLN yg sigap dan dari sejak H-2 serta komunikasi yg mudah dan cepat kami berterima kasih banyak untuk PT PLN (Persero). Tuhan memberkati pelayanan saudara sekalian,” ungkap John.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono mengungkapkan keandalan listrik merupakan kunci sukses penting acara khususnya di Pulau Mansinam yang terkenal sebagai situs sejarah nasional. Berbagai persiapan dilakukan yaitu salah satunya dengan melakukan pengamanan pasokan listrik secara berlapis dengan sistem zero down time di area khusus.

“Jika terjadi gangguan, yakni terputusnya penyaluran listrik dari jaringan, PLN telah menyiapkan skema penanganan dengan menggunakan back up suplai yang akan berpindah secara otomatis tanpa kedip. Pelanggan tidak akan terganggu dan acara akan tetap berjalan lancar. Selama kegiatan berlangsung, sebanyak 18 personil tim dari PLN UP3 Manokwari juga disiagakan di dua titik yaitu lokasi kegiatan atau Pulau Mansinam dan Kota Manokwari,” ungkap Budiono.

Dia menambahkan bahwa dalam mendukung gelaran acara, PLN menyiapkan pasokan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) on grid isolated berkapasitas daya sebesar 50 kilo Watt peak (KWp) dengan konfigurasi hybrid generator set. Sebagai rencana cadangan, sebuah unit mobile genset berkapasitas 100 kVA juga disediakan sebagai langkah antisipasi jika gangguan terjadi.

“Semangat kami menghadirkan listrik tanpa kedip pada titik yang kritikal tak hanya berhenti disini. Kami juga berkomitmen agar dapat terus menjaga keandalan kelistrikan bagi masyarakat di seluruh tanah Papua. Selamat HUT Pekabaran Injil Ke 168 di tanah Papua bagi teman-teman yang merayakan,” pungkasnya.

Selain acara puncak, berbagai kegiatan juga dibuat untuk memeriahkan acara. Rangkaian acara yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat umum tersebut diantaranya berupa ibadah KKR, karnaval budaya, ibadah akbar dan seremonial puncak di mana seluruh kegiatan ini memerlukan dukungan listrik yang andal dan akan disuplai sepenuhnya oleh PLN.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *