BERITA UTAMAPAPUA

Beredar Video TPNPB – OPM Sandera Pilot Susi Air, Dibebaskan Jika Papua Sudah Merdeka

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Beredar Video TPNPB – OPM Sandera Pilot Susi Air, Dibebaskan Jika Papua Sudah Merdeka

Share this article
IMG 20230214 WA0108
Diduga pilot Susi Air, Philip Mehrtens yang disandera TPNPB - OPM

Timika, fajarpapua.com – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) merilis sejumlah foto dan video yang memperlihatkan seorang pria kulit putih yang diklaim sebagai pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru, Philip Mehrtens.

Dalam sejumlah video tersebut, pria yang diklaim sebagai Philip Mehrtens memakai jaket denim biru, celana, dan topi coklat. Dia diapit oleh tujuh pria bersenjata laras panjang yang mengaku sebagai anggota TPNPB-OPM.

Ads

“Indonesia needs to recognize Papua’s independence (Indonesia perlu mengakui kemerdekaan Papua),” ujar pria kulit putih itu dalam video tersebut.

Pria di sebelahnya memperkenalkan diri sebagai Egianus Kogoya, pemimpin TPNBPB-OPM.

Dia mengaku menyandera Philip sesaat setelah pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY mendarat di Bandara Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua, pada 7 Februari lalu.

“Saya bersama pilot, saya sandera dia dari Paro. Saya sandera dia untuk Papua merdeka, bukan untuk makan atau minum. Itu tidak ada. Jadi saya akan bawa pilot sampai Papua merdeka,” sebut pria yang mengaku sebagai Egianus Kogoya.

video full kondisi capt philip mehrtens yanh sedang disandera KKB di Nduga Papua

Dalam sebuah video lain, terdapat pesawat berlabel Susi Air yang tampak dilalap api di bagian kokpit. Asap tebal kemudian mengepul dari dalam pesawat.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *