BERITA UTAMAMIMIKA

Warga Mimika yang Pindah Alamat Diminta “Upgrade” Data, Petugas Pantarlih Mulai Lakukan Pecoklitan Data Pemilih

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Warga Mimika yang Pindah Alamat Diminta “Upgrade” Data, Petugas Pantarlih Mulai Lakukan Pecoklitan Data Pemilih

Share this article
IMG 20230218 WA0057
Tampak Petugas Pantarlih Kelurahan Wanagon melakukan pencoklitan data di kediaman Kepala Dinas Dukcapil Mimika Slamet Sutejo di Perumahan Pemda I Jalan Cenderawasih SP II, Sabtu (18/2) yang dipantau langsung oleh KPU Mimika.

Timika, fajarpapua.com – Komisioner KPU Mimika memantau langsung Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 saat melakukan tugas perdana pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

Tugas perdana dilakukan oleh Pantarlih Kelurahan Wanagon Distrik Mimika Baru di Kediaman Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Mimika Slamet Sutejo di Perumahan Pemda I Jalan Cenderawasih SP II, Sabtu (18/2).

ads

Tampak petugas Pantarlih melakukan pencocokan data yang dimiliki oleh KPU Mimika dengan E-KTP dan Kartu Keluarga (KK) yang dimiliki warga yang sudah memiliki hak pilih. Selanjutnya usai dilakukan Pencoklitan petugas Pantarlih menempelkan stiker sebagai tanda bahwa sudah dilakukan Pencoklitan.

Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola saat ditemui disela-sela pencoklitan perdana mengatakan, diharapkan petugas Pantarlih bisa menjalankan tugas secara baik, sehingga menghasilkan data yang berkualitas dan akurat sebagai upaya untuk menjamin hak masyarakat dapat terakomodir sebagai pemilih di Pemilu 2024 nanti.

“Jadi setelah kami lantik dan kami lepas 910 petugas Pantarlih tadi pagi mereka langsung melakukan Pencoklitan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing,” kata Indra.

Ia mengungkapkan dalam melakukan Pencoklitan KPU Mimika berharap kepada masyarakat bisa menerima kehadiran Pantarlih dan memberikan data yang sesuai.

Dari hasil Coklit tersebut digunakan untuk menyusun Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga diharapkan juga kepada warga yang ada disatu tempat dan pindah ke tempat lain untuk segera mengupgrade.

“Warga tinggal tunggu di rumah siapkan E-KTP dan KK kemudian didatangi Pantarlih. Jika ada temuan masyarakat kita yang belum terdaftar dalam daftar pemilih sebelumnya atau belum memiliki E-KTP maka itu menjadi potensi untuk bisa diakomodir,” tuturnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *