BERITA UTAMAMIMIKA

Klinik Pratama Franken Mollen Layani Ribuan Pasien di 2022 dan Mulai Kegiatan Luar Ruangan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Klinik Pratama Franken Mollen Layani Ribuan Pasien di 2022 dan Mulai Kegiatan Luar Ruangan

Share this article
3b751965 6100 464c 9c93 b0a9539c101d
Layanan Kesehatan diluar ruangan yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan Klinik Frankenmollen, Akimuga.

Timika, fajarpapua.com – Klinik Pratama Franken Mollen salahsatu fasilitas Kesehatan milik Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK). Berada di Kampung Aramsolki, Distrik Agimuga, klinik ini memberikan layanan Kesehatan bagi masyarakat di Distrik Akimuga.

Dalam operasionalnya, YPMAK bekerjasama dengan Keuskupan Timika dan Dinas Kesehatan Mimika.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Dinas Kesehatan menyiapkan tenaga medis, seperti : dokter, perawat, analisis, bidan dan tenaga Kesehatan masyarakat. Keuskupan menyiapkan analisis, perawat, bidan dan cleaning servis dan YPMAK memberikan dukungan operasional klinik, insentif bagi tenaga medis dan non medis serta logistik (obat-obatan) dan bahan makanan.

Sebagai pengelola dana kemitraan PT. Freeport Indonesia, YPMAK berkominten dalam memberikan layanan kesehatan yang baik bagi masyarakat Amungme, Kamoro dan lima suku kekerabatan.

Dikutip dari laporan akhir tahun 2022 Divisi Kesehatan YPMAK, tercatat klinik tersebut telah melakukan pelayanan kesehatan Kunjungan Rawat Jalan sebanyak 1.773 pasien. Selanjutnya Kunjungan Rawat Inap 1 pasien dan persalinan 2 pasien.

Sementara untuk pemeriksaan malaria dilakukan terhadap 317 pasien di mana 150 orang diantaranya didapati positif malaria dan diberikan obat. Posyandu warga lanjut usia (Lansia) melayani 169 kunjungan dan Posyandu Balita 386 kunjungan.

Selain itu para petugas kesehatan juga melakukan kunjungan Patuh Minum Obat (PMO) Malaria sebanyak 131 orang atau 87 persen dari kasus aktif dan juga kunjungan PMO penyakit TB sebanyak 8 orang. Juga kunjungan ke rumah lansia sebanyak 47 orang.

Berdasarkan hasil dari monitoring evaluasi (monev) tahun sebelumnya, Nakes di Klinik Pratama Franken Mollen juga mulai melakukan kegiatan luar ruangan mulai tahun 2022 lalu dan di tahun 2023 ini komitmen untuk melanjutkan kegiatan tahunan serta meningkatkan cakupan kegiatan luar ruangan, sehingga lebih banyak warga terdampak pelayanan kesehatan yang dilakukan YPMAK. (tora/miskan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *