BERITA UTAMAPAPUA

Pentolan KKB Papua, Elkius Kobak Ancam Bunuh Warga Non Papua di Kota Dekai, Yahukimo

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Pentolan KKB Papua, Elkius Kobak Ancam Bunuh Warga Non Papua di Kota Dekai, Yahukimo

Share this article
486d92d0 9b95 4edb b95a 92d126dfc90f
Salahsatu anggota Kodim Yahukimo yang menjadi korban penyerangan KKB Papua di Dekai.Foto: Dok.

Jayapura, fajarpapua.com – Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua wilayah Kabupaten Yahukimo, Elkius Kobak menebar ancaman akan membunuh warga nonpapua di Kota Dekai.

Penanggungjawab Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Kodap XVI Yahukimo, Elkius Kobak mengatakan aksi penyerangan tersebut akan dilakukan apabila TNI-Polri masih melakukan penyisiran.

ads

Ancaman tersebut diedarkan pria yang diduga sebagai pelaku penembakan terhadap rombongan Dandim Yahukimo beberapa waktu lalu itu melalui video berdurasi 3,15 menit pada Senin (6/3).

Elkius Kobak dalam pernyataannya dalam video, bersumpah akan menyerang seluruh orang non Papua di Dekai jika aparat TNI-Polri terus melakukan penyisiran.

“Saya akan masuk ke Kota (Dekai) dan serang orang non Papua yang ada di Yahukimo,” ancam Elkius.

Melalui video tersebut, Elkius juga mengakui sebagai pihak yang bertanggungjawab atas penembakan di Jalan Paradiso, Distrik Dekai, Yahukimo, Papua Pegunungan.

“Kami TPNPB-OPM Kodap XVI di bawah pimpinan Elkius Kobak bertanggung jawab atas penyerangan terhadap anggota TNI dan Polri di Kabupaten Yahukimo,” ujarnya.

Seperti diketahui pasca penyerangan yang menewaskan seorang prajurit dan melukai Dandim 1715/Yahukimo Letkol (Inf) Johanis V Tethool serta Pratu NS dan Sertu RS, hingga kini TNI-Polri masih memburu para pelaku. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *