BERITA UTAMAJayapura

Waspadai Rabies Masuk Papua, Pemkab Jayapura Gelar Vaksinasi Gratis pada Ribuan Hewan Peliharaan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
23
×

Waspadai Rabies Masuk Papua, Pemkab Jayapura Gelar Vaksinasi Gratis pada Ribuan Hewan Peliharaan

Share this article
65b5436e 5717 4788 830a d4a72eb87866
petugas kesehatan dinas perkebunan dan peternakan kabupaten Jayapura saat memberikan vaksin rabies pada hewan piaraan

Jayapura, fajarpapua.com- Guna mencegah penyebaran rabies, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura melakukan vaksinasi gratis rabies bagi hewan peliharaan yang digolongkan sebagai hewan pembawa rabies, seperti anjing, kucing.

Terdapat 1000 dosis vaksin rabies yang disiapkan baik untuk hewan peliharaan maupun liar di Kabupaten Jayapura. Program vaksi rabies gratis ini adalah bantuan dari pusat.

ads

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, drh. Adorsina Wompere mengatakan, di Kabupaten Jayapura sendiri, hingga saat ini memang belum ditemukan ada kasus rabies. Namun sebagai daerah yang menjadi pintu keluar masuk di Jayapura ke pegunungan dan sebaliknya, sehingga digelar vaksinasi rabies sebagai upaya langkah-langkah pencegahan.

“Kami mendapatkan bantuan vaksin rabies 1000 dosis dari pusat dan juga ada vitamin yang diberikan pada hewan piaraan tersebut. Vaksin kita lakukan untuk mencegah kasus rabies di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura,” ujar Adorsina Wompere, Rabu (31/5/2023).

Dikatakan, kasus penyakit rabies pada hewan piaraan dan liar belum ditemukan, namun melihat perkembangan sekarang banyak hewan ras dari luar meski ada Perda larangan. Oleh karena itu, untuk mencegahnya dilakukan pemberian vaksin rabies.

Dikatakan Adorsina, pemberian vaksin pada piaraan ini sudah dilakukan sejak dua minggu lalu. “Kita sudah lakukan vaksin rabies di tiga Distrik, yaitu, Sentani Timur, Sentani dan Waibu,” katanya.

Pemberian vaksin rabies ini dilakukan secara gratis bertempat di lingkungan Kantor Bupati Jayapura. “Kami sudah berhasil berikan 800 dosis vaksin rabies pada hewan piaraan anjing dan kucing. Nanti kalau masih ada akan dilakukan di wilayah Distrik Demta,” tuturnya.

Adorsina Wompere menyebutkan, pihaknya menargetkan pemberian vaksin rabies pada hewan piaraan anjing dan kucing bisa selesai pada minggu pertama bulan Juni ini, sesuai dengan jumlah vaksin rabies sebanyak 1000 dosis.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *