BERITA UTAMAJayapura

Tingkatkan Pemahaman Jurnalis Terkait Perbankan, Bank Indonesia Perwakilan Papua Gelar Media Gathering

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Tingkatkan Pemahaman Jurnalis Terkait Perbankan, Bank Indonesia Perwakilan Papua Gelar Media Gathering

Share this article
IMG 20230605 WA0059
Foto bersama usai kegiatan

Malang, fajarpapua.com– Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua mengadakan Media Gathering bagi para jurnalis se Jayapura di Kota Malang yang berlangsung selama dua hari yakni 5-6 Juni 2023.

Dalam kegiatan Media Gathering Bank Indonesia menghadirkan beberapa pemateri yakni Kepala Divisi Relasi Media Massa & Opinion Maker Bank Indonesia, Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bank Indonesia Papua, Thomy Andrias, dan Manager Unit Kehumasan Tim Implementasi KEKDA Kantor Prewakilan Bank Indonesia Papua, Achmad Reyhan.

ads

Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bank Indonesia Papua Thomy Andrias mengatakan kegiatan Capacity Building media merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun oleh Bank Indonesia Papua untuk menambah wawasan bagi wartawan terkait pelaksanaan tugas Bank Indonesia, baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah.

“Bagi Bank Indonesia, komunikasi merupakan pilar pendukung kebijakan utama, yaitu moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran. Tanpa strategi komunikasi yang tepat, maka implementasi 3 kebijakan utama Bank Indonesia tersebut tidak akan berjalan optimal,”ungkap Thomy Andrias di Malang, Senin (5/6).

Oleh karena itu, sinergi Bank Indonesia dengan media akan berperan penting sebagai saluran untuk menyebarluaskan informasi kebijakan Bank Indonesia.  

Tidak hanya itu, Bank Indonesia juga memandang pemahaman wartawan terkait kebijakan Bank Indonesia akan menentukan kualitas konten pemberitaan yang dibuat.

Dengan latar belakang tersebut, kata dia, secara khusus capacity building media kali ini dimaksudkan untuk memperkuat kompetensi wartawan terkait bagaimana teori dan praktik perumusan kebijakan Bank Indonesia sehingga diharapkan pemberitaan tentang kebijakan Bank Indonesia bisa dikemas dengan bahasa yang lebih sederhana dan lebih mudah dimengerti oleh publik.

Sementara itu Narasumber dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Syachman Perdymer menyampaikan kegiatan Capacity Building akan berbagi informasi dan pengetahuan tentang “Kolaborasi Bank Indonesia dan Media di Era Digital”.

Ia menjelaskan bagaimana Bank Indonesia mengelola komunikasi kebijakan kepada stakeholder eksternal, terutama kepada media.

Selain itu, Achmad Reyhan selaku Kepala Unit Kehumasan Bank Indonesia Papua yang akan menyampaikan topik tentang kebanksentralan.

Reyhan menjelaskan bagaimana tentang perjalanan Bank Indonesia sejak awal berdiri hingga saat ini, peran dan tugas Bank Indonesia, serta bagaimana Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia mengambil keputusan tentang kebijakan moneter, khususnya suku bunga setiap bulan.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *