BERITA UTAMAPAPUA

Nabire Salurkan BLT Kemiskinan Ekstrem di Sembilan Kampung, Warga Terima Rp 3,6 Juta Pertahun

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Nabire Salurkan BLT Kemiskinan Ekstrem di Sembilan Kampung, Warga Terima Rp 3,6 Juta Pertahun

Share this article
IMG 20230806 WA0022
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Nabire Pilemon Madai,

Timika, fajarpapua.com- Pemerintah Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kemiskinan ekstrem bagi sembilan kampung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Nabire Pilemon Madai, Sabtu(5/8) mengatakan ada 72 kampung di daerah ini tetapi baru sembilan yang dilakukan penyaluran BLT.

ads

” Banyak kampung yang belum melengkapi dokumen, sementara baru sembilan kampung yang sudah melakukan pencairan BLT kemiskinan ekstrem triwulan satu, dua dan tiga,” katanya.

Menurut Pilemon, sembilan kampung tersebut yakni Lagari Jaya, Biha, Air Mandidi, Wanggar Sari, Kimi, Moor, Wiraska, Karadiri dan Kama.

“Sesuai regulasi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah mengubah BLT-Dana Desa untuk pandemi Covid-19 menjadi BLT Kemiskinan Ekstrem,” ujarnya.

Dia menjelaskan hal ini mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) nomor 4 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem maka pemerintah kembali menyalurkan bantuan langsung tunai yang diambil dari Dana Desa.

“Dahulu bantuan ini disalurkan guna membantu masyarakat miskin yang terdampak COVID-19, serta yang belum pernah tersentuh atau menerima program bantuan reguler pemerintah maupun pemerintah daerah,” katanya lagi.

Dia menambahkan seiring dengan menurunnya angka kasus COVID-19, maka BLT Dana Desa beralih menjadi BLT kemiskinan ekstrem, sehingga bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat miskin yang tergolong rentan.

“Penerima BLT kemiskinan ekstrem mendapatkan bantuan berupa uang langsung tunai senilai Rp 300.000 per bulan, ditotalkan dalam setahun akan mendapatkan Rp 3.600.000,” ujarnya lagi. (an)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *