BERITA UTAMAPAPUA

Beredar Video Kapsul Omeprazole Berisi Butiran, Polisi Panggil Apoteker Klinik Masija, Begini Hasilnya

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Beredar Video Kapsul Omeprazole Berisi Butiran, Polisi Panggil Apoteker Klinik Masija, Begini Hasilnya

Share this article
IMG 20230807 WA0047
Polisi saat meminta keterangan dari pihak Klinik Masija

Jayapura, fajarpapua.com – Beredar video di media sosial berdurasi 1 menit 59 detik yang memperlihatkan seorang warga sedang mempertanyakan kandungan obat batuk dari salah satu Klinik Kesehatan di Kabupaten Nabire, Minggu (6/8/2023).

Merespon video tersebut, Tim Polres Nabire melakukan penyelidikan dengan meminta klarifikasi terkait video obat kapsul Omeprazole berisi butiran/granul tersebut.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan, dalam pertemuan dengan meminta klarifikasi Dokter Imanuel Waiki, dokter umum di Klinik Masija, dijelaskan bahwa Omeprazole merupakan obat berbentuk kapsul yang berisi butiran/granul, dimana kapsul berfungsi melindungi obat dari pengaruh asam lambung dan menjaga kestabilan saat berada dalam lambung.

“Omeprazole digunakan untuk mengatasi masalah sakit lambung, bukan untuk batuk, seperti yang disampaikan oleh pasien dalam video yang beredar,” tuturnya.

Tim juga memperlihatkan video tersebut kepada petugas apotik dan dapat memastikan bahwa obat yang ada dalam video benar-benar dari Klinik Masija, dengan kemasan yang sesuai dan keterangan yang tertera pada kertas bungkusan obat sama persis dengan yang dimiliki oleh klinik.

“Untuk memperkuat bukti, tim juga mengambil sampel obat omeprazole dari Klinik Masija. Tim mengkonfirmasi bahwa obat omeprazole yang diunggah oleh pasien dalam video memang benar berasal dari apotik Masija di Kalibobo,” terang Benny.

Kabid Humas Polda Papua menambahkan dari keterangan tim medis di klinik tersebut bahwa obat omeprazole merupakan obat untuk mengatasi masalah sakit lambung dan bukan untuk batuk, sebagaimana disampaikan oleh pasien dalam video tersebut.

Dimana tim juga mengamati bahwa hampir semua sampel obat omeprazole yang ada berbentuk kapsul dan berisi butiran/granul.

Sebagai bagian dari klarifikasi, tim Polres Nabire mengarahkan penanggung jawab apoteker di Klinik Masija untuk datang ke Satreskrim memberikan keterangan lebih lanjut terkait obat omeprazole.

Berikut adalah daftar nama pasien yang berobat dan diberikan obat omeprazole di Klinik Masija pada tanggal 5 Agustus 2023 dari pukul 15.00 WIT hingga pukul 21.00 WIT:

Ny. Emi – alamat Kimi – keluhan nyeri ulu hati
Ny. Jois – alamat Samabusa – keluhan nyeri lambung
Ny. Oyance Iyai – alamat Topo – keluhan nyeri ulu hati
Tn. Mustari – alamat Kalibobo – keluhan nyeri ulu hati
Ny. Narti – alamat Kimi – keluhan nyeri ulu hati
Ny. Elizabet Wayoa – alamat Kalibobo – keluhan nyeri ulu hati
Tn. Agus Gibain – alamat Jl. Mandala – keluhan nyeri ulu hati

“Kami meminta kepada warga apabila meragukan atas apa yang diberikan oleh tim medis untuk menanyakan kembali agar mendapat penjelasan dari tim medis dan tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan kegaduhan yang mengganggu situasi kamtibmas di wilayahnya masing-masing,” imbaunya.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *