BERITA UTAMAPAPUA

Tepat Momen HUT RI ke 78, KKB Bakar Perpustakaan SMA Negeri 1 Ilaga

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Tepat Momen HUT RI ke 78, KKB Bakar Perpustakaan SMA Negeri 1 Ilaga

Share this article
IMG 20230818 WA0052
Gedung Perpustakaan SMAN 1 Ilaga yang dibakar KKB

Timika, fajarpapua.comKelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dikabarkan membakar Gedung Perpustakaan SMAN 1 Ilaga, Puncak, Papua Tengah pada momentum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, Kamis (17/8) kemarin.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo mengatakan aksi pembakaran dilakukan oleh KKB pimpinan Titus Murib sekitar pukul 13.28 WIT.

ads

“Bangunan Perpustakaan SMA N 1 Ilaga hangus terbakar akibat aksi pembakaran yang dilakukan oleh Kelompok KKB pimpinan Titus Murib,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (18/8).

Benny menjelaskan aksi pembakaran tersebut pertama kali diketahui Personel Satgas Kopasgat Yonko 468/Sarotama Pos 25 Bandara Aminggaru usai melihat asap tebal dari bangunan Kompleks Sekolah Ilaga.

Setelahnya, tim gabungan TNI-Polri langsung mengerahkan dua unit kendaraan taktis dan truk menuju lokasi pembakaran. Para petugas gabungan juga langsung melakukan penyisiran saat tiba di lokasi komplek SMAN 1 Ilaga.

Dalam aksi tersebut, Benny mengatakan tim gabungan sempat melepaskan tembakan balasan ke arah belakang SMAN 1 yang diduga menjadi tempat pelarian KKB.

“Namun aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri tidak melakukan pengejaran dikarenakan hal tersebut diindikasi merupakan pancingan dari Kelompok KKB,” jelasnya.

Benny menduga aksi pembakaran gedung sekolah tersebut sengaja dilakukan KKB untuk mengganggu stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Puncak. Terlebih aksi itu dilakukan bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan Indonesia.

“Meski bangunan Perpustakaan SMAN 1 Ilaga telah menjadi korban aksi pembakaran, situasi wilayah masih tetap diawasi dengan ketat oleh seluruh Aparat Keamanan TNI-Polri,” tuturnya.

“Mereka berada dalam status Siaga 1, siap mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan yang mungkin dilakukan oleh Kelompok KKB,” katanya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *