BERITA UTAMAPAPUA

Bupati Kambu Minta Bakti Kominfo Segera Atasi Masalah Jaringan BTS 4G di Kampung-Kampung Kabupaten Asmat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
13
×

Bupati Kambu Minta Bakti Kominfo Segera Atasi Masalah Jaringan BTS 4G di Kampung-Kampung Kabupaten Asmat

Share this article
IMG 20230920 WA0000
Bupati Asmat Elisa Kambu Saat Membawa Sambutan pada Kegiatan Sosialisasi Pelatihan dan Uji Coba Keunguan Digital dan Aplikasi Digital Kesehatan di Aula Wiyata Mandala, Agats (19/9)

Asmat,fajarpapua.com – Bupati Asmat Elisa Kambu meminta pihak Bakti Kominfo agar segera menangani masalah jaringan BTS 4G di perkampungan Kabupaten Asmat lantaran sebagian besar dikeluhkan masyarakat tidak berfungsi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kambu pada saat membuka kegiatan Sosialisasi, Pelatihan dan Uji Coba Keuangan Digital dan Aplikasi Digital Kesehatan yang digelar oleh BAKTI Kominfo di Aula Wiyata Mandala, Agats, Selasa (19/9/2023).

ads

“Memang di Agats ini signal sudah ada, tapi di kampung-kampung belum terlalu. Tiap hari orang datang di saya tanyakan kelanjutan BTS yang ada di kampung-kampung,” ucap Elisa.

Kemudian, lanjutnya, selaku Pemerintah Daerah pihaknya telah berupaya memberikan informasi serta penjelasan mengenai masalah pembangunan BTS 4G ini. Namun, ia meminta apabila ada ruang untuk penyelesaian pembangunan tersebut dirinya sangat berharap untuk segera diselesaikan.

“Kalau ada ruang untuk diselesaikan kami mohon bisa diambil langkah-langkah konkret untuk merampungkan sesegera mungkin,” harap Elisa.

Bupati Asmat dua periode ini juga menuturkan bahwa persoalan dalam pembangunan BTS 4G ini adalah masalah yang mencoreng harga diri pemerintah serta wibawa negara. Sebab, atas nama pemerintah pusat, pihaknya telah menjanjikan kepada masyarakat untuk pembangunan BTS 4G yang dinantikan masyarakat sejak awal digaungkan oleh Kementrian Kominfo.

“Dan ini adalah masalah harga diri dan wibawa negara dan pemerintah. Karena kita sudah terlanjur berjanji kepada masyarakat, tapi perangkatnya belum ada. Ada yang perangkatnya sudah ada, tapi jaringan yang tidak ada,” jelas Elisa Kambu.

“Mohon atensi karena ini titipan dan pengaduan dari Masyarakat dan saya teruskan,” tambahnya.

Namun demikian, Bupati Elisa percaya bahwa pemerintah pusat tentu mempunyai niat untuk memajukan bangsa ini melalui program digitalisasi. Akan tetapi kemampuan pemerintah daerah terbatas dari sisi kewenangan dan pembiayaan membuat pihaknya sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama yang baik dari pemerintah pusat untuk segera menuntaskan pengerjaan proyek pembangunan BTS 4G tersebut.

“Saya percaya kita semua punya semangat yang sama. Kita semua ingin membangun dan memajukan bangsa kita. Tapi kemampuan kita yang terbatas dari sisi kewenangan, dari sisi pembiayaan dan sebagainya. Jadi kita harapkan kerjasama dari Pemerintah pusat agar itu dikerjakan, dituntaskan,” ungkap Elisa.

Sementara itu, Koordinator Program Kesehatan Digital BAKTI Kominfo Karina Mentari Putri menjelaskan bahwa apa yang disampaikan Bupati Asmat terkait masalah jaringan dan pembangunan BTS 4G adalah di luar kewenangan bidangnya. Namun demikian, ia akan meneruskan aspirasi masyarakat yang disampaikan Bupati Asmat ini ke pimpinan Bakti Kominfo untuk dapat diatensi.

“Sebenarnya, ini bukan bidang saya. Tetapi saya akan sampaikan ke pimpinan soal jaringan BTS di kampung-kampung di Asmat yang tidak ada,” tandas Karina Mentari Putri.
(Jef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *