BERITA UTAMAPAPUA

TNI Polri Berhasil Hancurkan Dua Markas KKB Pimpinan Elkius Kobak di Yahukimo, Ini Barang Bukti yang Ditemukan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
412
×

TNI Polri Berhasil Hancurkan Dua Markas KKB Pimpinan Elkius Kobak di Yahukimo, Ini Barang Bukti yang Ditemukan

Share this article
IMG 20231104 WA0036
Markas KKB dan barang bukti yang diamankan aparat gabungan

Timika, fajarpapua.com – Aparat gabung TNI-POLRI Satgas Ops Damai Cartenz-2023 berhasil menduduki Markas kelompok Kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Elkius Kobak di Kali Ei dan Kali Brasa Kabupaten Yahukimo, Sabtu (4/11/2023)

ads

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani saat dikonfirmasi mengatakan aparat TNI-POLRI yang tergabung dalam Satgas Ops Damai Cartenz 2023 (Satgas Nanggala, Satgas Gakkum dan Satgas Blukar) bergabung dengan personel Polres Yahukimo, Kodim 1715 Yahukimo dan Satgas Marinir Yonif 7/Lampung telah berhasil melakukan operasi penegakan hukum di Yahukimo yang digelar sejak 30 Oktober 2023 lalu.

“Ya benar, kami telah berhasil lakukan operasi gabungan di Yahukimo sejak tanggal 30 Oktober 2023 dan hingga hari ini kami telah berhasil menduduki 2 markas KKB pimpinan Elkius Kobak yaitu Markas Kali Ei dan Markas Kali Brasa,” jelas Faizal.

KKB kelompok Elkius Kobak yang berada di Kali Ei dan Kali Brasa Yahukimo berhasil lolos dari sergapan aparat. Saat ini kedua markas tersebut telah dihancurkan, dan sejumlah barang bukti berhasil disita dari markas tersebut.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2023 AKBP Dr Bayu Suseno menjelaskan sejumlah barang bukti yang berhasil disita antara lain Solarsel 4 unit; mesin Genset 6 unit; sejumlah senjata tajam berupa parang, panah dan jubi, 2 buah HT/cas ht, 2 unit senapan angin dan 1 stel pakaian loreng khas KKB.

Selain itu terdapat juga barang bukti berupa suntikan, botol ampul serta sejumlah obat-obatan yang diduga hasil rampasan dari Tenaga Kesehatan di Puskesmas Amuma Yahukimo yang beberapa waktu lalu dianiaya KKB saat sedang bertugas.

“Pertimbangan posisi markas berada diantara 2 ketinggian sehingga tidak memungkinkan untuk membawa seluruh barang bukti, maka sebagian barang bukti langsung kami musnahkan di TKP,” tambah Bayu

Penting untuk diketahui bahwa Satgas Damai Cartenz 2023 akan terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap KKB yang berada di sekitar Kota Dekai Yahukimo.

“Kami akan terus lakukan pengejaran dan akan kami hancurkan markas KKB lainnya yang berada di sekitar kota Dekai Yahukimo,” tandas Bayu.

Sementara itu, Waka Ops Damai Cartenz-2023 Kombespol Ardiansyah Daulay juga menambahkan upaya penegakan hukum terhadap Markas KKB pimpinan Elkius Kobak di Kali Ei dan Kali Brasa Yahukimo adalah bentuk hadirnya pemerintah dalam memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat.

“Kami telah menduduki markas KKB dari kelompok Elkius Kobak di Kali Ei dan Kali Brasa Yahukimo. Ini merupakan wujud hadirnya negara di Yahukimo agar situasi kamtibmas dapat terwujud dengan baik,” pungkas Daulay.

Lanjut dia, aparat gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz, Polres Yahukimo, Kodim 1715 Yahukimo dan Satgas Marinir Yonif 7 Yahukimo akan terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap Markas KKB lainnya yang berada di pinggiran kota Dekai Yahukimo.

“Kami akan terus melakukan pengejaran dan penegakan hukum terhadap KKB di kabupaten Yahukimo yang selama ini kerap melakukan tindak kekerasan terhadap masyarakat sipil,” tandas Daulay.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *