BERITA UTAMAMIMIKA

DLH Mimika-PTFI Latih Warga Olah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
77
×

DLH Mimika-PTFI Latih Warga Olah Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos

Share this article
IMG 20231209 WA0001 copy 1200x800
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika Jefri Deda d

Timika, fajarpapua.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah bersama PT Freeport Indonesia (PTFI) melatih warga Kampung Iwaka Distrik Iwaka mengolah limbah organik menjadi pupuk kompos.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika Jefri Deda di Timika, Sabtu, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Divisi Lingkungan PTFI melatih 25 orang warga Kampung Iwaka untuk mengolah limbah organik menjadi pupuk.

ads

“Kami sudah melatih mereka sejak Januari 2023, pupuk kompos yang telah dibuat selanjutnya diuji di laboratorium sebelum digunakan,” katanya.

Menurut Jefri, tempat pengolahan pupuk kompos berlokasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kampung Iwaka dengan memanfaatkan sisa makanan dan daun yang telah membusuk (humus).

“Setelah melewati uji laboratorium, mereka diajarkan teknik mengemas pupuk kompos yang dibimbing oleh tenaga ahli dari Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Dia menjelaskan yang menjadi kendala saat ini yakni sulitnya mendapatkan sisa makanan untuk diolah menjadi kompos karena sudah dipungut oleh peternak babi di Kota Timika.

“Biasanya banyak sisa makanan dari warung atau rumah makan sudah langsung diambil oleh para peternak babi di sini,” katanya.

Dia menambahkan DLH terus membangun kolaborasi bersama PTFI terkait pengelolaan limbah organik agar dapat diolah menjadi pupuk.

“Semoga kerja sama ini terus terjalin agar SDM yang telah dilatih tetap produktif mengolah limbah organik menjadi pupuk yang bermanfaat bagi petani untuk memupuk tanamannya,” ujarnya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *