BERITA UTAMAPAPUA

2.000 Pekerja Rentan di Kabupaten Mappi Mendapatkan Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
21
×

2.000 Pekerja Rentan di Kabupaten Mappi Mendapatkan Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Share this article
IMG 20231219 WA0012
Pemberian bantuan jaminan sosial ketenagakerjaan ditandai dengan penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 2.000 orang pekerja rentan okeh Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar.

Mappi, fajarpapua.com- Pemerintah Kabupaten Mappi memberikan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi 2.000 masyarakat pekerja rentan.

Seluruh penerima bantuan jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut diikutkan dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

ads

Pemberian bantuan jaminan sosial ketenagakerjaan ditandai dengan penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 2.000 orang pekerja rentan okeh Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar.

Untuk diketahui 2.000 orang pekerja rentan yang menerima bantuan jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut merupakan Orang Asli Papua (OAP) di Kabupaten Mappi.

Pemberian bantuan jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut bertujuan guna melindungi para pekerja rentan yang ada di Kabupaten Mappi.

Pj Bupati Mappi, Michael R. Gomar saat melaunching perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi 2.000 masyarakat pekerja rentan mengatakan, penyerahan jaminan sosial ketenagakerjaan yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan adalah tindak lanjut amanat dan mandatori dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

“Suatu kebanggaan bagi kami Pemerintah Kabupaten Mappi melaunching penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 2.000 orang masyarakat pekerja rentan di Kabupaten Mappi,” ungkapnya

Progran tersebut kata Pj Bupati dalam rangka memberikan perlindungan sosial berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian kepada 2.000 pekerja rentan.

Program tersebut dianggarkan melalui anggaran sumberdana Otonomi Khusus (OTSUS) kepada 2.000 pekerja rentan yang semuanya masyarakat Asli Papua di Kabupaten Mappi, dengan total anggaran sebesar Rp. 403,2 juta.

Dikatakan Pj Bupati bahwa program ini memberikan dampak dan manfaat langsung kepada masyarakat karena jika terjadi kecelakaan kerja maupun hingga kematian akan dicover oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Tentunya ini baru bagi kita maayarakat di Kabupaten Mappi dan ini juga pertama kali Pemkab Mappi menjalin kerja sama dengan BPJS dalam rangka memberikan jaminan sosial kepada masyarakat. Bahkan Kabupaten Mappi menjadi yang pertama melakukan launching jaminan sosial kepada masyarakat pekerja rentan baru pertama baik itu diwilayah Papua Selatan maupun Papua lainnya,” terangnya.

Pj Bupati menegaskan, Program ini tidak hanya sampai disini, di Tahun 2024 mendatang, pemerintah daerah masih punya program lanjutan perlindungan jaminan sosial JKK dan JKM.

Pj Bupati menerangkan, selain pemberian jaminan kepada pekerja rentan Pemkab Mappi juga akan memberikan jaminan keselamatan kerja dan jaminan kematian kepada 2.700 orang Pegawai Kontrak Daerah (PKD) atau Honorer di Kabupaten Mappi begitu juga dengan Aparat Kampung dan Basmuskam.

“Kita juga akan alokasikan anggaran jaminan keselamatan kerja dan jaminan kematian bagi aparat Kampung dan Bamuskam,”tuturnya.

Pj Bupati menuturkan, selain melakukan kerjasama dengan BJPS Ketenagakerjaan, Pemkab Mappi juga telah melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk mengcover dalam memberikan perlindungan masyarakat.

“Saya berharap program ini kedepannya akan terus dilaksanakan karena ini merupakan amanat dan mandatori dari pemerintah pusat,”tegasnya.

Sementara itu salah seorang penerima manfaat, Wilibrodus Agawemu mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Mappi dengan adanya program tersebut tentu sangat membantu masyarakat.

“Banyak – banyak terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Mappi. Kami sudah rindu ada bantuan keselamatan kerja ini, terima kasih pemerintah kabupaten Mappi,”pungkasnya.(MPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *