BERITA UTAMAPAPUA

Pertama Kali Ikut Turnamen di Luar Negeri, Tim Rugbi Putri Papua Raih Juara II PNG Rookies 7

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
41
×

Pertama Kali Ikut Turnamen di Luar Negeri, Tim Rugbi Putri Papua Raih Juara II PNG Rookies 7

Share this article
IMG 20231219 WA0021
Tim rugbi putri dari Papua

Timika, fajarpaua.com- Tim rugbi putri dari Papua berhasil meraih juara dua dalam turnamen rugbi tujuh yang diadakan di Papua Nugini akhir pekan lalu.

Hebatnya, ini adalah keikutsertaan untuk pertama kalinya tim rugbi tujuh putri dan putra Papua bertanding di luar negeri.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Turnamen beregu rugbi tujuh, yang dikenal sebagai PNG Rookies 7, diselenggarakan di ibu kota Papua Nugini, Port Moresby dan merupakan ajang dimana pemain rugbi dari wilayah Kepulauan Pasifik dan sekitarnya bertanding untuk menambah pengalaman dan bertemu dengan tim lainnya.

Turnamen rugbi tujuh, atau rugby sevens, adalah pertandingan beregu dengan tujuh pemain dan merupakan format singkat dari rugbi tradisional dengan 15 pemain.

Tim Koteka datang bertanding setelah pada Oktober lalu mendapat undangan dari Persatuan Sepak Bola Rugbi Papua Nugini.

Rugbi sendiri merupakan olahraga populer dengan penggemar fanatik di Papua Nugini dan negara-negara di kepulauan Pasifik lainnya, namun kurang populer di Indonesia dimana sepakbola adalah olahraga terpopuler.

“Kami tidak berharap untuk menang,” ujar presiden Rugbi Papua dan manajer tim Samuel Tambuni.

“Kami hanya ingin mendapatkan pengalaman dari yang terbaik. Kami ingin belajar dari yang terbaik. Dan menurut pandangan kami di Melanesia, PNG adalah yang terbaik,” tambahnya.

Salah satu sponsor tim Koteka adalah Freeport Indonesia, perusahaan tambang yang beroperasi di Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Tim putri Koteka memenangkan empat pertandingan, yang membawanya ke final dengan tim lokal yang kuat.

Marice Olua, pemain yang menghasilkan skor untuk tim maju ke babak final untuk pertama kalinya, mengaku senang bisa mengikuti turnamen tersebut dan mengapresiasi pengalaman yang mereka dapatkan.

“Lain kali kami akan melakukan yang terbaik,” katanya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *