BERITA UTAMAPAPUA

Serang Pos Satgas Yonif 330/TD, Satu Anggota KKB Papua Tewas Ditembak di Intan Jaya

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
145
×

Serang Pos Satgas Yonif 330/TD, Satu Anggota KKB Papua Tewas Ditembak di Intan Jaya

Share this article
IMG 20240124 WA0009
Anggota Satgas Yonif 330/TD memperlihatkan barang bukti yang berhasil disita dari KKB Papua yang melakukan teror di Intan Jaya.Foto: Istimewa

Jayapura, fajarpapua.com- Satu anggota gerombolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua bernama Melkias Matani pada Selasa (23/1) tewas tertembak

Melkias tewas ditembak saat kelompok KKB Papua menyerang Pos TNI Satgas Yonif 330/TD yang berlokasi di Kampung Kumbalaga, Sugapa, Kab. Intan Jaya, Selasa (23/1) sekitar pukul 14.00 WIT.

ads

Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol (Inf) Candra Kurniawan menjelaskan, kejadian bermula saat gerombolan KKB berjumlah 11 orang dengan membawa 2 pucuk senjata laras panjang mendekati Pos TNI Satgas Yonif 330/TD untuk menyerang dan menembak prajurit TNI yang sedang bertugas.

“Gerombolan KKB ini menyerang dan menembak Pos TNI, sehingga Prajurit dari Satgas Yonif 330/TD melakukan balasan tembakan ke arah gerombolan KKB tersebut yang mengakibatkan satu anggota KKB Melkias Matani tewas tertembak dan kemudian jenazahnya diangkat dibawa oleh kelompoknya menuju ke Kampung Kumbalaga,”jelas Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, Rabu (24/1).

Chandra menjelaskan, gerombolan KKB ini tidak pernah berhenti melakukan aksi terornya, dan bukan hanya kepada aparat TNI, Polri, tetapi juga kepada masyarakat, baik membunuh warga sipil maupun membakar rumah dan fasilitas pelayanan serta tempat ibadah.

“Penegakan hukum terus dilakukan oleh TNI Polri, baik secara terukur maupun mempedomani HAM,” imbuhnya.

Chandra menambahkan, KKB juga telah melakukan pembakaran rumah dinas anggota DPRD Intan Jaya hingga meneror warga sipil di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Intan Jaya sejak Sabtu (20/1).(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *